25 radar bogor

Audy Rilis Single Religi, Ngaku Merinding Bawakan Lagu Tobat

JAKARTARADAR BOGOR, Penyanyi Audy Item sudah sekitar lima tahun vakum di industri musik tanah air. Di momen Ramadan tahun ini, istri dari aktor Iko Uwais itu kembali dengan merilis single terbaru berjudul Tobat.

Lagu tersebut karya dari almarhum Dodo Zakaria. Lagu Tobat dulunya sempat populer ketika dinyanyikan oleh mendiang Chrisye. Audy Item mengaku sempat ada sedikit rasa ketakutan dan ada rasa kekhawatiran saat akan membawakan ulang lagu Tobat.

“Apalagi lagu ini sempat populer dinyanyikan oleh mendiang Chrisye. Takut tidak bisa membawakannya dengan baik,” kata Audy Item dalam jumpa pers virtual Selasa (19/4).

Audy Item sendiri secara pribadi mengaku senang sekali dan merasakan kecocokan dengan lagu Tobat. Dia kemudian mencoba bereksplorasi menyanyikan lagu itu, berusaha memunculkan ciri khasnya dalam bernyanyi. “Om Chrisye sudah bagus banget nyanyinya, tapi aku mau nyanyi dengan gaya aku sendiri. Lagunya enak banget, liriknya juga meyentuh. Musiknya manis banget meskipun liriknya dark. Aku nyanyinya lebih manis,” tuturnya.

Proses rekaman lagu Tobat dilakukan dalam satu hari saja. Audy mengaku merinding ketika bernyanyi melakukan recording lagu tersebut. “Dari liriknya bikin kita menerawang gitu. Aku yakin merilis lagu ini, siapa tahu dengan adanya lagu ini bisa memberikan pesan positif untuk para pendengarnya,” jelasnya.

Aransemen lagu Tobat dipercayakan kepada musisi muda Ray Prasetya. Di tangan Ray, lagu Tobat terasa lebih modern, segar, dan kekinian. Ray memberikan sentuhan string sehingga menghasilkan musik megah dengan kombinasi lirik yang kuat.

Audy merilis lagu Tobat menggunakan program lisensi lagu VID (Indonesia Validation And Distribution) dari Eventori. Sehingga dia pun tidak perlu lagi meminta izin untuk menyanyikan lagunya karena sudah diselesaikan proses perizinannya oleh platform tersebut.

Ivan Edbert selaku Bisnis Manajer dari VID (Indonesia Validation and Distribution) Eventori mengatakan, Audy tidak mengalami banyak kesulitan saat melakukan rekaman lagu Tobat. Audy Item justru berhasil memunculkan karakternya sendiri.

“Dia banyak mengeskplorasi nada demi nada sehingga pas banget dinyanyi ulang oleh Audy. Lagu Tobat pas banget dengan suasana Ramadan kali ini, menjadi salah satu lagu religi pilihan yang ada selain lagu-lagu religi penyanyi Indonesia lainnya,” kata Ivan. (jp)