25 radar bogor

Syiarkan Keterbukaan Informasi, KI Jabar Apresiasi Radio Tegar Beriman

Suasana di Stuido Radio Tegar Beriman, Komisi Informasi Jawa Barat apresiasi atas keterbukaan informasi melalui Radio tersebut. foto : hendi
Suasana di Stuido Radio Tegar Beriman, Komisi Informasi Jawa Barat apresiasi atas keterbukaan informasi melalui Radio tersebut. foto : hendi

CIBINONG-RADAR BOGOR, Komisi Informasi (KI) Provinsi Jawa Barat mengapresiasi Radio Tegar Beriman (Teman) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor.

Dengan senantiasa menyiarkan keterbukaan informasi publik yang disampaikan secara interaktif kepada masyarakat dengan tagline “Radio Teman Sound of the Heritage”.

Baca juga: Diskominfo Siap Bantu KPU Kabupaten Bogor Sukseskan Pemilu dan Pilkada 2024

“Ini luar biasa sekali, Saya sangat bangga Radio Teman ini sangat interaktif dalam memberikan informasi. Respon dari masyarakat juga luar biasa, itu menunjukkan bahwa Radio Tegar Beriman diakses luas oleh masyarakat Kabupaten Bogor,” ungkap Komisioner KI Jawa Barat Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi, Husni Farhani Mubarak saat berdialog di Radio Teman 95,3 FM, Cibinong, Senin (18/4/2022).

Tujuan dialog ini yakni mensosialisasikan keberadaan KI di tengah masyarakat Jawa Barat. Sekaligus mendorong partisipasi publik untuk ikut serta berperan dalam keterbukaan informasi di Jawa Barat. Di samping itu juga mendorong badan publik untuk selalu mengoptimalkan pelayanan permohonan informasi kepada masyarakat.

Husni melanjutkan, KI Jabar berkomitmen dalam memperkuat kesadaran masyarakat Jawa Barat akan hak-haknya atas informasi publik serta mendorong badan-badan publik di Provinsi Jawa Barat.

“Mulai dari badan publik di pemerintahan provinsi dan kabupaten atau kota, hingga badan publik tingkat kelurahan dan desa untuk transparan dan membuka akses yang seluas-luasnya bagi masyarakat dalam memperoleh informasi publik,” jelasnya.

Dalam mendorong hal ini, Husni menambahkan, KI Jabar terus menerus menyebarluaskan wacana keterbukaan informasi melalui berbagai forum. Antara lain diskusi, seminar, talkshow media, memberikan kuliah umum ke kampus-kampus, hingga menulis opini di media mainstream.

Pemerhati sosial, Muhammad Burhani, berharap sebagai warga Kabupaten Bogor untuk lebih dapat dimaksimalkan kembali sumber daya manusia dan juga teknologi dalam mengembangkan Radio Teman.

“Semoga ini terus dipertahankan. Justru malah harusnya lebih dikembangkan, karena saat ini informasi sangat penting buat masyarakat. Khususnya radio, media informasi yang mudah, akrab, dan paling cepat ditangkap oleh masyarakat,” pungkasnya.(cok)