25 radar bogor

Jelang Lebaran, Terminal Baranangsiang Pastikan Kelaikan Kendaraan

Terminal-Baranangsiang
Terminal Baranangsiang

BOGOR-RADAR BOGOR, Jelang mudik lebaran 2022, Terminal Baranangsiang kembali melakukan ramp check angkutan darat terhadap kendaraan yang akan melayani mudik.

Selain itu, akan ada pemeriksaan kesehatan dan tes urin bagi sopir bus.

Baca juga: Gerebek Vaksin di Terminal Baranangsiang, Kapolda Jabar Jaring 10 Ribu Masyarakat 

Kepala Terminal Baranangsiang, Moses Lieba Ary, pemeriksaan ramp check bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor sebenarnya sudah dilakukan sejak 1 hingga 14 April 2022.

Namun, pada H-7 lebaran, ramp check akan kembali dilakukan hingga H-1 lebaran. Bus yang sudah dilakukan ramp check akan diberi tanda stiker dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Nanti H-7 lebaran ada ramp check lagi. Kemarin yang diperiksa fluktuatif selama 14 hari. Total sekitar 200-an bus,” kata Moses, Senin (18/4/2022).

Selain melakukan ramp check, sambung dia, para sopir akan dilakukan tes urin. Beserta pemeriksaan kesehatan lain, agar para sopir bekerja dalam keadaan sehat.

Moses mengatakan, para sopir dan kondektur juga akan dipastikan akan divaksinasi booster. Dimana Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor menyediakan mobil vaksin portable mulai Senin (18/4).

“Nanti kita medical checkup juga, tensi kita lakukan, segala macem pemeriksaan kita lakukan. Nanti h-7 ada poskonya. Kalau vaksin di mobil portable. Kalau ramp check di pintu masuk bus,” jelasnya.

Moses menambahkan, mulai hari ini Terminal Baranangsiang dan Dinkes Kota Bogor membuka mobil vaksin portable untuk vaksinasi dosis 1, 2, dan booster. Hingga H-7 lebaran sebagai persiapan mudik.

“Sekarang kita jaring dulu yang belum, nanti standby sampai jam 12.00 WIB. Sasarannya sopir, kondektur dan pedagang warung,” tuksanya.(ded)