Drama Lima Gol, Real Madrid Lolos ke Semifinal Liga Champions

Real Madrid lolos ke semifinal Liga Champions berbekal keunggulan agregat atas Chelsea. (Reuters)
Real Madrid lolos ke semifinal Liga Champions berbekal keunggulan agregat atas Chelsea. (Reuters)

MADRID-RADAR BOGOR, Real Madrid menunjukkan mental juara mereka di leg kedua babak delapan besar Liga Champions hari ini.

Jelang Laga Madrid vs Chelsea, Ancelotti Tak Terbuai Sikap Pesimistis Tuchel

Sempat tertinggal 0-3, Madrid mampu bangkit untuk mencetak dua gol yang memastikan mereka lolos ke babak semifinal dengan agregat 5-4 meski kalah 2-3 di Santiago Bernabeu, Rabu (13/4/2022). 

Chelsea yang butuh kemenangan tiga gol untuk membalikkan keadaan menekan sejak awal. Dan di menit ke-15, mereka mampu unggul 1-0.

Menerima umpan terobosan dari Timo Werner di kotak penalti, Mason Mount langsung melepaskan tembakan keras kaki kanan ke sudut kanan yang tidak mampu diantisipasi Thibaut Courtois.

Pada menit ke-51, tandukan Antonio Rudiger menyambut sepak pojok Mount tidak mampu dijangkau Courtois. Skor 2-0 dan agregat menjadi 3-3.

Publik tuan rumah dibuat deg-degan ketika Chelsea mencetak gol ketiganya di menit ke-62 setelah Ferland Mendy kehilangan bola di area tengah yang bisa dimaksimalkan Marcos Alonso. Beruntung bagi Madrid, VAR menunjukkan bola sempat mengenai tangan Alonso sebelum melepaskan tembakan keras ke sudut kiri gawang.

Pada menit ke-75, Chelsea kembali mampu mencetak gol. Mendapat umpan terobosan dari Matteo Kovacic, Werner mengecoh Casemiro dan David Alaba sebelum menaklukkan Courtois dari jarak dekat. Skor 3-0.

Pada menit ke-80, Rodrygo mampu mencetak gol. Menerima umpan dari Luka Modric, pemain Brasil itu langsung melepaskan tembakan first time ke sudut kanan yang membuat Edouard Mendy hanya terdiam. Skor 1-3 dan agregat sama 3-3 ini bertahan hingga waktu normal habis sehingga laga harus berlanjut ke babak tambahan waktu.

Di perpanjangan waktu, Madrid memulai dengan baik. Saat laga baru memasuki menit ke-96, mereka mampu mencetak gol melalui Karim Benzema. Bomber Prancis itu mencetak gol melalui sundulan jarak dekat memanfaatkan umpan Vinicius Junior.

Chelsea mencoba kembali menekan. Namun, sejumlah peluang gagal mereka maksimalkan dan skor 2–3 menjadi hasil akhir yang berarti Madrid lolos dengan agregat 5-4.

Manajer Chelsea, Thomas Tuchel menegaskan ini hasil mengecewakan setelah upaya mereka yang luar biasa. Dan ia sedikit menyalahkan wasit di Santiago Bernabeu.

Kekesalan Tuchel dipicu keputusan wasit Szymon Marciniak yang menganulir gol Marcos Alonso di babak kedua. Saat itu mereka sedang unggul 2-0. Meski mereka akhirnya bisa memimpin 3-0, Tuchel menuding wasit menguntungkan Madrid.

“Saya tidak melihat gol itu dianulir dan saya sangat kecewa wasit tidak memeriksanya sendiri, saya merasa (di kedua pertandingan) itu di sisi lain dengan semua keputusan yang dibuat, tetapi begitulah ketika Anda bermain melawan Real Madrid di Liga Champions,” keluhnya kepada BT Sport.

Pelatih Madrid, Carlo Ancelotti sementara itu tak menanggapi tudingan Tuchel. Ia hanya menegaskan bahwa ini laga yang berat dan mereka sangat terbantu oleh fans yang terus memberikan dukungan.

 

“Itu sulit tetapi di Bernabéu Anda tidak pernah bisa berpikir kalah. Sulit untuk menjelaskan keajaibannya. Ini membantu Anda. Ini membantu Carvajal untuk bermain bagus di bek tengah dan seluruh tim untuk menemukan energi ekstra untuk mencapai semi final,” kata Ancelotti. (fajar)

Berita Lainnya