25 radar bogor

Wirausaha Inovatif di Era Digital

RADAR BOGOR, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan menyelenggarakan Pembinaan Kewirausahaan 2021.

Kegiatan yang mengusung tema “Meningkatkan Jiwa Wirausaha Yang Berdikari, Kreatif Dan Inovatif Bagi Mahasiswa FEB-UNPAK Di Era Digital” dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan, yaitu pada  27 Oktober, 20 November dan 04 Desember 2021 secara online melalui media Zoom Meeting.

Baca juga: Airlangga: Pekan Pertama Ramadhan Pandemi Konsisten Membaik

Kegiatan kewirausahaan ini diselenggarakan oleh BEM FEB-UNPAK bekerja sama dengan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan, sebagai bentuk tindak lanjut atas aspirasi mahasiswa/i FEB-UNPAK khususnya bagi mahasiswa/i yang tertarik pada bidang wirausaha dan mengajak peserta untuk mengikuti perlombaan wirausaha baik di dalam maupun di luar kampus.

Dalam kegiatan pembinaan kewirausahaan ini dihadiri oleh pemateri yang ahli dibidangnya, yaitu Nizam M. Andrianto, selaku dosen FEB-UNPAK.

Dalam pertemuan pertama pada 27 Oktober 2021 pemateri membahas mengenai perkembangan wirausaha di zaman sekarang.

Dimana pada zaman sekarang wirausaha semakin dipermudah oleh canggihnya teknologi.

Sehingga muncul peluang yang sangat luas dan semua fasilitas mudah didapatkan.

Terutama dengan adanya platform digital seperti e-commerce dan marketplace semua wirausaha khususnya mahasiswa/i FEB-UNPAK dapat memperjual belikan usaha yang dimilikinya tanpa perlu mengeluarkan cost yang besar.

Serta membahas mengenai Business Model Canvas sebagai alat yang memandu wirausaha agar berjalan sesuai jalur dan terdapat 9 blocks.

Di akhir kegiatan pembinaan kewirausahaan 2021 ini seluruh peserta kewirausahaan mengumpulkan tugas besar yaitu proposal bisnis.

Kemudian diseleksi untuk mendapatkan  tiga proposal bisnis terbaik yang akan diberikan hadiah oleh panitia.

Tujuan tugas besar tersebut yaitu agar seluruh peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang diberikan baik teori maupun pengalaman dari pemateri selama tiga pertemuan pembinaan kewirausahaan.

Maka dari itu terpilih 3 proposal bisnis terbaik, yaitu :

Ayu Cahya Ningsih dengan Judul Proposal “Peluang Usaha Kreatif Bouquet By Creasicase”

Shabriena Nindya Kusumawardani dengan Judul Proposal “Usaha Kuliner : Soto Banjar”

Rizkya Rahma dengan Judul Proposal “Kedai Makanan Korea : Twijjang”.

Melalui kegiatan pembinaan Kewirausahaan ini, diharapkan dapat memotivasi Mahasiswa/i FEB – Unpak agar terus tertarik dan terus berkembang untuk menjadi wirausaha yang berdikari, kreatif dan inovatif. (*)