25 radar bogor

Bupati Ade Yasin Minta Pemerintah Pusat Gelar Operasi Pasar Langsung Ke Pedagang

Dirjen Perdagangan, Oke Nurwan di dampingi Forkopimda Kabupaten Bogor tinjau ketersediaan Sembako di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Bogor, Jawa Barat. Selasa (12/4/2022).
Dirjen Perdagangan, Oke Nurwan di dampingi Forkopimda Kabupaten Bogor tinjau ketersediaan Sembako di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Bogor, Jawa Barat. Selasa (12/4/2022).

CIBINONG-RADAR BOGOR, Bupati Bogor, Ade Yasin turut mendampingi Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan saat menggelar sidak ke Pasar Cibinong pada Selasa, (12/4).

Dirinya meminta pemerintah pusat segera melakukan operasi pasar langsung ke para pedagang untuk menstabilkan harga selama bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Baca juga: BUMN Buka 2.700 Lowongan, Angka Pelamar Lebihi Ekspektasi

“Antisipasi kenaikan harga, saya kira perlu diadakan gebrakan termasuk operasi pasar. Operasi pasarnya jangan langsung ke masyarakat tetapi langsung ke pedagang, jadi pedagang bisa menjual lebih murah, sehingga akan terjangkau oleh seluruh masyarakat,” tegas Ade Yasin.

Jika operasi pasar langsung ke masyarakat, menurutnya hanya segelintir masyarakat yang dapat. Kalau di pasar, menurutnya akan merata serta memudahkan dan meringankan beban masyarakat.

Selain itu, lanjutnya, operasi pasar langsung ke pedagang adalah operasi pasar yang tepat sasaran dalam menstabilkan harga di pedagang bukan ke masyarakat.

Justru operasi pasar ke masyarakat dikhawatir pedangan justru akan mengalami penurunan omzet dan penurunan penjualan karena ada persaingan dengan harga yang lebih murah.

“Saya harap kenaikan ini tidak berlanjut hingga jelang lebaran nanti, keinginan kami dengan masyarakat sama yaitu harga kebutuhan pokok kembali stabil,” harapnya.

Dirinya pun telah meminta kepada Kementerian Perdagangan RI melakukan operasi pasar untuk dapat menstabilkan harga agar tidak memberatkan masyarakat.

“Karena selama bulan ramadhan dan jelang lebaran nanti, diprediksi kebutuhan daging sapi, daging ayam dan kebutuhan pokok lainnya akan mengalami peningkatan,” pungkasnya.(cok)