25 radar bogor

Mahasiswa di Kota Bogor bakal Demo ke Istana Negara

BOGOR-RADAR BOGOR, Sejumlah mahasiswa di Kota Bogor bakal turun dalam aksi demonstrasi yang diselenggarakan di depan Istana Negara, Jakarta pada Senin (11/4/2022) besok.

Salah satunya Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Bogor. Mereka rencananya akan berunjuk rasa di Jakarta menyampaikan sejumlah tuntutan kepada Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Bogor, Edo Agasiswanto mengaku, pihaknya akan ikut turun dalam aksi demo di Jakarta.

“KAMMI (akan) turun aksi sendiri skala nasional pada Senin besok,” kata pria yang akrab disapa Edo kepada wartawan, Minggu (10/4/2022).

Meski begitu, pihaknya tidak mau merinci jumlah massa yang akan ikut turun dalam aksi demo di Jakarta tersebut.

Dirinya hanya ingin menyampaikan, kehadiran pihaknya dalam aksi demo itu untuk menyampaikan enam poin tuntutan ke Presiden Jokowi.

Pertama, menolak keras wacana perpanjangan masa jabatan presiden, penundaan pemilu dan wacana tiga periode.

Kedua, menuntut Presiden Jokowi untuk mengeluarkan pernyataan resmi terkait penolakannya terhadap wacana perpanjangan masa jabatan presiden, penundaan pemilu dan wacana 3 periode.

Ketiga, menuntut dan mendesak segera Presiden Jokowi untuk mencopot Menteri Perdagangan dan segera mengambil langkah preventif untuk memastikan ketersediaan bahan pokok murah bagi masyarakat Indonesia.

Keempat, menuntut dan mendesak Presiden Jokowi untuk menunda dan mengkaji ulang UU-IKN dengan mempertimbangkan dampak kerusakan ekologis dan kemungkinan konflik agraria lainnya.

Kelima, menuntut dan mendesak Pemerintah Pusat untuk menurunkan harga BBM non-subsidi dan memastikan ketersediaan BBM bersubsidi bagi masyarakat Indonesia.

Terakhir,
mendesak Pemerintah Pusat untuk membatalkan kenaikan PPN dikarenakan kenaikan PPN akan menyebabkan kenaikan harga bahan pokok kebutuhan masyarakat.

Namun demikian, keputusan KAMMI Bogor yang bakal ikut turun dalam aksi demonstrasi di Jakarta nampaknya tidak diikuti sejumlah organisasi kemahasiswaan yang ada di Kota Bogor.

Beberapa organisasi kemahasiswaan lebih memilih untuk tidak berangkat ke Jakarta pada Senin besok.

Diantaranya, Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Kota Bogor dan Aliansi BEM se-Bogor Raya.

“Kalau ke Jakarta enggak,” singkat Ketua PC PMII Kota Bogor, Fahreza Berliansyah.

Hal senada diungkapkan perwakilan Aliansi BEM se-Bogor Raya, Rizki Nuria Sury Altar.

Sury menjaskan, untuk Aliansi BEM se-Bogor Raya bersepakat tidak akan mengikuti aksi tersebut di Jakarta.

Meski begitu, pihaknya menyerahkan ke teman-teman mahasiswa lain untuk berangkat atau tidaknya sesuai keputusan masing-masing organisasi atau kampus.

“Tanggal 11 ini aksinya kan di Nasional dan dari Bogor sendiri memutuskan tidak berangkat, dari aliansi BEM se-Bogor,” katanya.

“Tapi untuk kampus-kampus yang terafiliasi di Nasional diserahkan ke masing-masing kampus,” ujar mahasiswa Politeknik AKA Bogor.

Sedangkan, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kota Bogor mengaku belum mengambil keputusan akan kehadiran jajarannya pada aksi demonstrasi di Jakarta pada Senin Besok.

“Kita konsolidasi dulu. (Nanti) Malam kemungkinan sudah ada (keputusannya),” kata Ketua HMI Cabang Kota Bogor, Sofwan Ansori. (ded)