logo-radar-bogor

Aksi Ke-72, Himpunan Alumni Kesatuan Rutin Gelar Donor Darah

BOGOR-RADAR BOGOR, Himpunan Alumni Kesatuan kembali menggelar bakti sosial donor darah. Terakhir, aksi donor darak ke-72 dilakukan di SMP Kesatuan, Jalan Raya Pajajaran, Bogor pada Sabtu, (9/4).

Sebanyak 130 pendonor mulai dari para alumni, masyarakat umum hingga warga disabilitas, antusias mengikuti kegiatan tersebut meski di tengah suasana bulan Suci Ramadhan.

“Pendonor yang berpuasa banyak, namun karena sebagian sudah menjadi pendonor rutin, jadi tidak mengalami masalah dan keluhan,” ujar Sekretaris Umum Himpunan Alumni Kesatuan, Helen Mustikadewi kepada Radar Bogor.

Aksi donor darah ini, kata Helen, rutin digelar para alumni sekolah Kesatuan setiap tiga bulan sekali. Kebetulan, aksi kali ini bertepatan di bulan Suci Ramadhan 2022.

Sejak didirikan para tahun 1979, para alumni kesatuan mulai menjalin silaturahmi hingga pada 2004, tercetus aksi donor darah untuk berbuat ke masyarakat Kota Bogor.

“Kalau misalkan mengumpulkan dana rutin agak sulit, namun kalau darah, semua orang punya, itulah tercetusnya kegiatan donor darah perdana,” terang Helen.

Ternyata, lanjutnya, antusias para alumni cukup besar sehingga ditetapkan donor darah rutin dilakukan tiga bulan sekali dan terbuka untuk umum.

Bahkan, 50 persen dari pendonor merupakan masyarakat umum. Dalam pelaksanaannya, Himpunan Alumni Kesatuan bekerja sama dengan PMI Kota Bogor dan rumah sakit yang memiliki hubungan dengan para alumni.

“Dan sejak pandemi Covid-19, ada permintaan dari Duta Thalassemia Kota Bogor, ibu Yane, agar hasil donor darah ini 50 persen diberikan untuk penderita Thalassemia, sejak 2020, kami bekerja sama dengan Perhimpunan Orang Tua Penderita Thalassemia Indonesia (POPTI) ,” jelasnya.

Salah satu pendonor, M. Hilman mengaku antusias mengikuti donor darah untuk pertama kalinya. Meski mengidap disabilitas, dirinya justru bersyukur dapat mendonorkan darahnya.

“Kalau vaksin sudah, kalau donor darah baru ini, takut karena kondisi badan disabilitas, kita nyari tempat untuk disabilitas bisa berdonor darah, ternyata ada di sini,” pungkasnya.(cok)