25 radar bogor

Wabup Iwan Minta BPJS Kesehatan Terbuka dan Aktif

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan (kanan) bersama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cibinong, Ondrio Nas (kiri) usai audiensi bersama BPJS Kesehatan Cabang Cibinong di Ruang Kerja Wakil Bupati Bogor, Selasa (5/4/22).

CIBINONG-RADAR BOGOR, Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan meminta BPJS Kesehatan terbuka dan aktif menginformasikan kepada setiap peserta mengenai status kepesertaan.

“Sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam proses pembayaran dan pengurusannya. Jadi mereka bisa rutin bayar iuran, tidak saat sakit saja. Makanya pelayanannya jadi sulit,” ujarnya saat menerima audiensi BPJS Kesehatan Cabang Cibinong di Ruang Kerja Wakil Bupati Bogor, Selasa (5/4/2022).

Menurutnya, berdasarkan hasil audiensi tersebut, faktor yang menyebabkan layanan BPJS Kesehatan kurang lancar dan optimal, salah satunya status kepesertaan BPJS Kesehatan yang tidak aktif (non aktif) karena tunggakan premi. Hal itu disebabkan peserta tidak membayarkan iuran secara rutin setiap bulannya karena banyak faktor.

“Dari pertemuan ini kita bisa mengetahui faktor penyebab adanya kesulitan masyarakat dalam mendapatkan layanan BPJS Kesehatan,” imbuh Iwan.

Audiensi ini juga dilakukan guna meningkatkan sinergi dan kolaborasi antara Pemkab Bogor dengan BPJS Kesehatan Cabang Cibinong, untuk menghadirkan layanan yang mudah dan prima ke seluruh masyarakat Kabupaten Bogor. 

Lanjut Iwan menerangkan, dirinya mendorong agar BPJS Kesehatan lebih terbuka serta aktif menginformasikan kepada setiap peserta BPJS Kesehatan non aktif dan memiliki tunggakan. Agar sambungnya, masyarakat mengetahui status kepesertaan dan tidak kesulitan ketika memakai layanan BPJS Kesehatan.

“Pelayanan yang mudah, cepat dan tidak menyulitkan adalah kebutuhan masyarakat yang kerap diinginkan oleh masyarakat. Perlu sinergitas untuk memberikan layanan mudah sesuai yang diharapkan masyarakat,” tegasnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cibinong, Ondrio Nas menyatakan, prinsip dari BPJS adalah gotong-royong dan subsidi silang. Untuk menghadirkan pelayanan BPJS Kesehatan yang mudah dan prima, BPJS siap berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Bogor.

“Kita perwakilan dari pemerintah pusat yang ada di daerah, kita juga sama- sama plat merah, siap membantu dan berkolaborasi dengan Pemkab Bogor,” tukasnya.(cok)