25 radar bogor

Tinggi Kalori, Kurma Cocok untuk Berbuka

Kurma
Hera Ganefi Tamara Dwindayani, DCN , MARS, Ahli Gizi RSJ Marzoeki Mahdi
Kurma
Hera Ganefi Tamara Dwindayani, DCN , MARS, Ahli Gizi RSJ Marzoeki Mahdi

KURMA menjadi salah satu buah-buahan khas selama bulan Ramadan. Hampir semua umat muslim selalu menyertakan kurma dalam kudapan berbuka puasa maupun waktu sahur.

Hal itu memang tepat karena kurma mengandung banyak kalori. Tiga buah kurma saja sudah cukup untuk berbuka. Selain kalorinya tinggi, kurma juga punya serat yang banyak. Bahkan, kandungan mineralnya juga tinggi.

Tiga buah kurma itu bisa menyediakan sekitar 200 kalori, 54 gram karbohidrat dengan sekitar 5 gram sebagai serat, 1 gram protein, dan tanpa lemak. Porsi ini juga memasok berbagai macam nutrisi, termasuk vitamin B, vitamin K, kalsium, hingga zat besi.

Dengan mengkonsumsi tiga buah kurma saat berbuka, sudah bisa membuat kenyang. Porsi untuk pria bahkan bisa lebih banyak, antara 5-7 buah kurma. Sedangkan, perempuan cukup 3-5 buah kurma.

Penderita diabetes tidak dianjurkan untuk konsumsi makanan dengan gula tinggi setelah berpuasa. Akan tetapi, kurma juga bisa menjadi alternatif karena kandungan gulanya yang tidak begitu tinggi. Akan tetapi, penderita diabetes tetap dibatasi untuk konsumsi kurma tersebut. Cukup 3-5 butir kurma.

Saat sahur, buah kurma juga menjadi pilihan yang sangat bagus mengembalikan kesegaran tubuh. Seratnya yang tinggi bisa melancarkan pencernaan. Akan tetapi, bukan berarti sahur dengan buah kurma saja sudah cukup untuk berpuasa sepanjang hari.

Karena kurma hanya mengandung kalori dan gula, tanpa protein, maka butuh asupan lainnya untuk tubuh. Terlebih jika Anda ingin beraktivitas selama berpuasa Ramadan. (mam)