25 radar bogor

Tak Ada Pengaruh Vaksin Terhadap Orang yang Berpuasa

vaksin
dr Sri Nowo Retno, MARS Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor
vaksin
dr Sri Nowo Retno, MARS
Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor

MASYARAKAT bisa melakukan vaksinasi selama bulan Ramadan atau dalam kondisi berpuasa. Pemerintah Kota (pemkot) Bogor sedang gencar menuntaskan capaian vaksinasi booster. Semua kecamatan tetap menyediakan gerai vaksin.

Tidak ada pengaruh vaksin terhadap orang yang sedang berpuasa. Artinya, untuk orang yang sehat ketika divaksinasi saat puasa akan merasakan efek yang sama saja dengan saat dia tidak berpuasa. Kecuali, orang tersebut memang dalam kondisi sehat dan tidak lolos screening vaksin.

Vaksinasi untuk orang yang sedang menjalani puasa juga sudah ditegaskan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui fatwanya. Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin dengan cara disuntikkan atau diteteskan ke dalam mulut untuk meningkatkan produksi antibodi guna menangkal penyakit tertentu.

Sementara itu, injeksi intramuskular adalah injeksi yang dilakukan dengan cara menyuntikkan obat atau vaksin melalui otot tidak membatalkan puasa.

Di saat Covid-19 Omicron sudah melandai, vaksinasi harus dimaksimalkan. Apalagi selama bulan puasa dan sebelum memasuki lebaran. Hal itu agar kita bisa lebaran dengan aman. (mam)