25 radar bogor

Surga Merindukan orang Berpuasa

KEHIDUPAN yang penuh nikmat menjadi dambaan setiap manusia. Untuk bisa meraihnya, ada empat amalan yang bisa dilakukan. Hal tersebut berdasarkan Hadist Riwayat Abu Daud dan Tirmizi dari Ibnu Abbas bahwa empat golongan yang dirindukan surga.

Pertama, orang yang senantiasa membaca Alquran. Firman Allah yang pertama kali turun kepada Rasulullah bukanlah ayat tentang iman, Islam atau amaliyah lain. Melainkan ayat tentang pentingnya membaca. A

llah SWT menempatkan derajat khusus bagi hamba-Nya yang senantiasa istiqomah dalam membaca, yakni membaca “ayat” tentang berbagai aspek kehidupan manusia yang tertuang indah dalam mushaf Alquran.

Membaca Alquran adalah salah satu amalan yang paling utama. Rasulullah SAW juga pernah menegaskan setiap huruf Alquran yang kita baca membawa pahala tersendiri. Momen Ramadan ini akan dilipatgandakan pahalanya.

Kedua, orang yang selalu menjaga lisan atau perkataannya. Bagaimana tidak, lisan merupakan salah satu indra kita yang bisa mendatangkan kebaikan sekaligus keburukan.

Kita harus selalu menjaga agar lisan kita hanya mengatakan hal-hal yang baik, digunakan membaca Alquran, berdoa kepada-Nya, hingga memberi nasehat yang bermanfaat kepada orang lain.

Ketiga, orang yang gemar berbagi rejeki dan memberi makan orang lapar. Ini juga merupakan salah satu amalan yang utama, karena pertolongan Allah swt akan datang kepada hamba yang memberi pertolongan kepada saudaranya yang membutuhkan pertolongan. Berbagi bisa melalui zakat, infak, dan sedekah.

Keempat, orang yang berpuasa di bulan Ramadan. Puasa adalah amalan ibadah yang istimewa dan memilki derajat lebih dibanding amalan lain. Karena Allah Swt berjanji akan memberikan balasan yang setimpal.

Berpuasa di bulan Ramadan adalah salah satu ibadah utama bahkan merupakan salah satu Rukun Islam. Berpuasa bukan hanya menahan tidak makan dan minum saja, melainkan juga menjaga panca indera kita dari melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT.

Bahkan, berpuasa juga menuntut kita untuk meninggalkan perkataan dan perbuatan yang sia-sia. Insyallah jika kita berpuasa pada bulan Ramadan sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulllah SAW, maka derajat takwa akan kita peroleh. Tentu saja balasannya adalah surga Allah SWT. (*)

Rusli Saimun,
Ketua Lemba Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota bogor