25 radar bogor

Endang S Thohari Minta KKP Perhatikan Subsidi BBM Nelayan dan Kredit UMKM

RADAR BOGOR, Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Gerindra Dapil Jabar III, meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, Hj. Endang Setyawati Thohari (A-84) hadir secara langsung dalam rapat, dengar pendapat (RDP) Komisi IV dengan eselon I Kementerian Kelautan dan Perikanan, Selasa (5/4/2022).

Hj. Endang meminta KKP meminta agar KKP dapat memonitoring pendistribusian penyediaan BBM bersubsidi bagi nelayan, sehingga tepat sasaran dan tepat guna.

Hj. Endang jg mengatakan, Fraksi Partai Gerindra meminta agar target sasaran PNBP lebih diperjelas untuk siapa dan sedapat mungkin tidak menjadikan nelayan kecil sebagai target PNBP.

“Mengingat saat ini kehidupan nelayan kecil semakin sulit dan dikhawatirkan akan menambah beban hidup para nelayan,” tegas Hj. Endang.

Fraksi Partai Gerindra Gerindra meminta Dirjen Perikanan Budidaya agar segera meninjau kembali mekanisme penyaluran
bantuan benih ikan, indukan ikan, indukan udang ataupun jenis lainnya.

Hal itu, kata Hj. Endang, untuk memperhitungkan jarak tempuh dan waktu pengiriman, supaya bantuan tersebut
tidak mati sia-sia ketika sampai di lokasi CPCL.

Hj. Endang juga meminta agar fasilitasi akses permodalan melalui kredit program sebanyak 2585 UMKM juga perlu memperhatikan minat masyarakat yang mengusulkan.

“Meskipun UMKM baru terbentuk ataupun yang terdampak PHK, agar upaya perbaikan ekonomi dapat dirasakan pada seluruh lapisan masyarakat yang memerlukan akses modal tersebut,” tambah Hj. Endang. (*)