25 radar bogor

Endang S Thohari Minta Kementan Jamin Ketersediaan Pangan Jelang Idul Fitri

RADAR BOGOR, Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Gerindra Dapil Jabar III, meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, Hj. Endang Setyawati Thohari (A-84) hadir secara langsung dalam rapat, dengar pendapat (RDP) Komisi IV dengan eselon I Kementerian Pertanian, Senin (4/4/2022).

Hj. Endang meminta Kementan dapat menjamin ketersediaan pangan di semua daerah dengan bersinergi bersama seluruh stakeholder.

Sehingga tidak terjadi gejolak harga pangan khususnya dalam menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

“Stok pangan komoditas perkebunan, seperti minyak goreng, gula dan lainnya dalam menghadapi HBKN dipantau, dipastikan
tersedia. Kemudian dengan pengawasan keluar masuknya komoditas dalam
rantai distribusi supaya tidak terjadi kelangkaan atau adanya penimbunan untuk beberapa komoditas pangan,” kata Hj. Endang.

Namun harga dan produksi kedelai dalam negeri tidak stabil sehingga berpengaruh juga terhadap ptoduksi tempe, tahu dan lainnya.

“Kebijakan pemerintah harus terintegrasi dari hulu sampai hilir. Akurasi data pertanian harus akuntabel dan transparan sangat penting untuk mendukung produk berdaya saing, pengendalian fluktuasi harga, kebijakan pemerintah yang berpihak dan menguntungkan bagi petani dan pelaku usaha pertanian, sejalan dengan manifesto Partai Gerindra untuk wujudkan tata kelola dan agribisnis pertanian dimasa mendatang yang dicita-citakan,” kata Hj. Endang.(*)