25 radar bogor

Bedah LKPJ Wali Kota, DPRD : Kita Lihat SKPD Mana yang Tak Maksimal Kinerjanya

LKPJ
Rapat Paripurna DPRD Kota Bogor, terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban atau LKPJ untuk tahun anggaran 2021. 
LKPJ
Rapat Paripurna DPRD Kota Bogor, terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban atau LKPJ untuk tahun anggaran 2021.

BOGOR-RADAR BOGOR, Walikota Bogor, Bima Arya menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban atau LKPJ untuk tahun anggaran 2021 pada rapat paripurna, belum lama ini.

Baca Juga : Ramadan, Jam Kerja Dikurangi. Bima Arya Larang ASN Lakukan Ini!

Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto menyampaikan, DPRD Kota Bogor akan mengupas tuntas LKPJ yang disampaikan oleh Wali Kota Bogor.

Untuk itu, DPRD Kota Bogor membentuk panitia khusus yang akan membahas LKPJ untuk memastikan bahwa seluruh program yang dijalankan Pemkot Bogor sesuai target perencanaan, dan tetap berada didalam koridor yang sudah ditetapkan yaitu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Tentu kami akan mengupas tuntas seluruh kinerja Pemerintah Kota Bogor di tahun 2021. Capaian dari target yang telah dibuat maupun kesesuaian dengan rencana pembangunan yang termaktub dalam APBD 2021 maupun RPJMD,” ujar Atang.

Atang menjelaskan, LKPJ ini nantinya juga akan dibedah ditingkat komisi dan fraksi yang ada di DPRD Kota Bogor.

“Kita juga akan melihat, SKPD mana saja yang tidak maksimal kinerjanya. Evaluasi kinerja SKPD sangat penting karena kita inginkan agar semua SKPD bekerja maksimal dalam menangani berbagai permasalahan yang dihadapi warga Bogor selama ini,” imbuhnya.

Atang berharap bahwa hasil catatan LKPJ ini nantinya dapat menjadi koreksi untuk memacu kinerja di sisa masa jabatan yang ada.

“Kami sangat terbuka untuk menerima masukan atau saran dari seluruh pihak untuk melengkapi catatan ini. Catatan kinerja ini penting agar kegiatan pembangunan di dua tahun ke depan terfokus untuk kesejahteraan warga Kota Bogor,” ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya menyampaikan, Pemkot Bogor telah mencatat beberapa capaian progresif selama tahun 2021.

Di antaranya adalah, meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, mewujudkan Kampung Perca di Kelurahan Sindang Sari, penanganan dampak pembangunan jalur double track kereta api Bogor-Sukabumi.

Kemudian, pembenahan kampung di Bojong Kerta, renovasi terhadap 7.014 RTLH, penataan PKL, tindak lanjut penataan kawasan Batu Tulis, penataan kawasan Suryakencana, pembangunan blok F Pasar Kebon Kembang, pembangunan alun-aluin kota Bogor dan lainnya.

Sedangkan, untuk Realisasi Belanja Daerah Tahun 2021 mencapai Rp2.6 triliun atau 92,83 persen dari Anggaran Belanja yang ditetapkan. Lalu, untuk Ppembiayaan daerah terealisasi sebesar Rp357.947.570.826,31 atau 99,58 persen dari target.

Bima pun menyampaikan bahwa berbagai pencapaian yang dapat diraih Pemkot Bogor sepanjang tahun 2021, yang diklaim dihasilkan berkat dukungan, uluran kerjasama, kolaborasi dan kebersamaan yang diberikan seluruh pemangku kepentingan masyarakat warga Kota Bogor.

Juga berkat dukungan kerjasama dari Ketua DPRD Kota Bogor beserta jajaran pimpinan dan segenap anggota DPRD Kota Bogor, serta koordinasi jajaran pimpinan daerah Kota Bogor.

“Menyadari hal itulah maka pada kesempatan ini disampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya dan disampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas dukungan, kerjasama dan kebersamaan yang telah diberikan. Selanjutnya marilah lanjutkan kerjasama dan kebersamaan tersebut secara konsisten,” tukasnya. (ded)

Editor : Yosep