25 radar bogor

Endang S Thohari Dorong Petani Cianjur Perkuat Potensi Tanaman dan Hasil Pangan Sendiri

RADAR BOGOR, Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Gerindra Dapil Jabar III, meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, Hj. Endang Setyawati Thohari (A-84) tak hentinya terus hadir turun ke masyarakat untuk silahturahmi sekaligus menyerap aspirasi.

Baca juga: Migor Mahal, Pemerintah Dinilai Gagal Jaga Stabilitas Harga Pangan

Untuk kali ini, Hj. Endang memberikan bimbingan teknologi (bimtek) tentang Cianjur berdaulat dengan tanaman pangan lokal unggulan, Sabtu (26/3/2022), di Bumi Ciherang, Kabupaten Cianjur.

Dalam paparannya, Hj. Endang menegaskan bahwa Kementan saat ini sedang memfokus program yang menggairahkan peningkatan produksi dan hilirisasi komoditas pangan lokal.

Komoditas tanaman pangan ini tidak hanya digunakan sebagai bahan pangan tetapi juga sebagai bahan baku industri dan pakan ternak.

Sehingga dapat dipastikan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani dan memperkuat perekonomian nasional.

Hj. Endang juga menjabarkan, bahwa kebutuhan pangan nasional kita, sebanyak 30 hingga 40 persennya ditopang oleh pangan impor.

Soalnya, kata Hj. Endang, kebutuhan pangan di Indonesia di 2020-2021 banyak yang belum terpenuhi. Sehingga pemerintah harus mengimpor.

Dari data, kebutuhan beras saja sebanyak 30,08 juta ton. Daging sebanyak 3,4 juta ton ayam dan 700 ribu ton sapi. Telur 4,5 juta dan masih banyak lagi.

“Ketahanan pangan merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional. Ini karena ketersediaan pangan yang baik berbanding lurus dengan ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan pelaksanaan pembangunan suatu negara,” tegas Hj. Endang.

“Pembangunan klaster pangan lokal berdasarkan pulau dan komoditasnya sangat penting dan memang sangat memungkinkan di Indonesia,” tambah Hj. Endang.

“Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang, kapan lagi,” tandasnya. (ran)