25 radar bogor

Survei Elektabilitas Capres : Prabowo Masih Jadi Pilihan Utama, Anies Kedua

Pilpres 2024, Anies dan Probowo
Jelang Pilpres 2024, Anies dan Probowo berpotensi pecah kongsi.
Prabowo Subianto
Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

SUMSEL-RADAR BOGOR, Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terkait elektabilitas calon presiden untuk wilayah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menyampaikan, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto paling banyak dipilih dengan perolehan 34,4 persen responden.

Baca Juga : Survei TBRC: Airlangga Paling Banyak Dipilih untuk Gantikan Jokowi di Pemilu 2024

Kemudian disusul Anies Baswedan 15,5 persen, Ganjar Pranowo 10,9 persen, Sandiaga Uno 5,7 persen, dan AHY 4,1 persen. Sementara nama lain lebih rendah, kurang dari 4 persen. Sebanyak 10,2 persen responden survei belum memberikan jawaban.

“Prabowo Subianto masih menjadi pilihan utama masyarakat Sumatera Selatan dalam kontestasi pemilihan presiden yang akan berlangsung pada 2024 mendatang. Ini terlihat dari beberapa simulasi elektabilitas capres dan nama Prabowo masih mendominasi,” kata Djayadi dalam rilis hasil surveinya, Senin (28/3/2022).

Sementara itu dalam simulasi lima nama, Prabowo Subianto tetap paling banyak dipilih, dengan tingkat keterpilihan sebanyak 42,6 persen. Anies Baswedan berada pada posisi kedua memperoleh 20,3 persen, diikuti Ganjar Pranowo 15,9 persen.

Sedangkan Sandiaga Uno mendapatkan 10,2 persen dan Airlangga Hartarto 0,9 persen. Sebanyak 10,1 persen responden survei belum memberikan jawaban.

“Selanjutnya dalam simulasi tertutup tiga nama, Prabowo tetap unggul dengan elektabilitas sebanyak 49,1 persen, baru kemudian Anies Baswedan 24 persen, dan Ganjar Pranowo 17,5 persen. Belum menjawab 9,3 persen,” ungkap Djayadi.

Djayadi menjelaskan, dipilihnya Prabowo Subianto oleh masyarakat Sumsel karena alasan tegas dan berwibawa. Selain itu, Prabowo Subianto adalah sosok yang paling popular, mencapai 99,1 persen , dengan tingkat kedisukaan yang sangat baik mencapai 79,6 perssn.

“Tinginya tingkat keterpilihan Prabwo di Sumsel tidak terlepas kinerja dari DPD Gerindra Sumsel yang terus mempromosikan nama Prabowo sebagai calon presiden,” pungkas Djayadi.

Survei ini dilakukan pada 27 Februari sampai 5 Maret 2022, dengan responden sebanyak 820 orang. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan (margin of error) kurang lebih 3,5 persen. (jpg)