25 radar bogor

Bangun Pusat Pemerintahan Baru, Pemkot Jalin Kerjasama dengan Dua Pengembang Terkait Akses Jalan

Lahan aset Pemkot Bogor. Sebanyak 26 hektare lahan di Kota Bogor terancam hilang
Lahan aset Pemkot Bogor. Sebanyak 26 hektare lahan di Kota Bogor terancam hilang SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bakal memindahkan pusat pemerintahan Kota Bogor di lahan hibah aset eks Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), seluas 6 hektare di Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Baca juga: Pindahkan 20 OPD, Pemkot Bogor Mulai Disain Pusat Pemerintahan Baru Tahun Depan

Saat ini Pemkot Bogor telah menandatangani kesepakatan dengan PT Sejahtera Eka Graha (SEG) dan Perumahan Bogor Raya. Kesepakatan dengan dua pengembang itu terkait dengan pemberian akses menuju lokasi pusat pemerintahan baru.

“(Progres terakhir) Pemkot Bogor melakukan kesepakatan dengan PT SEG dan Bogor Raya, karena nantinya untuk menuju pusat pemerintahan akses melalui itu (PT SEG dan Perumahan Bogor Raya),” kata Eka Deri, Lurah Katulampa, Selasa (22/3/2022).

Menurutnya, saat ini akses jalan untuk menuju lokasi masih merupakan hamparan lahan kosong. Namun nantinya Pemkot Bogor menyediakan akses jalan yang berada tepat di pinggir Tol Jagorawi.

Eka Deri juga menyebut rencana pemindahan pusat pemerintahan disambut baik warga sekitar, karena diprediksi berdampak positif pada perekonomian.

“Memudahkan warga juga dalam segi pelayanan, selama ini kantor di Pemkot terpisah-pisah, tapi kalau disini aksesnya mudah, ada tol dan juga jalan R3,” katanya.

Selain itu, dapat menyerap tenaga kerja warga sekitar ketika pusat pemerintahan Kota Bogor nantinya dibangun.

Pemkot Bogor juga saat ini sudah memasang plang aset untuk menandakan kepemilikan lahan. (ded)