25 radar bogor

Endang S Thohari Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan MPR RI

RADAR BOGOR, Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Gerindra Dapil Jabar III, meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, Hj. Endang Setyawati Thohari (A-84) tak hentinya terus hadir turun ke masyarakat untuk silahturahmi sekaligus menyerap aspirasi.

Untuk kali ini, Hj. Endang memberikan sosialisasi empat pilar MPR RI di Hotel Salak, Kota Bogor, Kamis (17/3/2022).

Baca juga: Taman Publik di Kabupaten Bogor Kembali Dibuka, Kecuali Alun-alun Cirimekar

Empat pilar tersebut yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Hj. Endang mengatakan sosialisasi empat pilar kebangsaan ini mengingatkan komitmen kita untuk tetap menjujung tinggi nilai-nilai kebangsaan terutama bagi generasi penerus bangsa.

“Kita harus tetap produktif dan mampu meningkatkan kompetensi diri kita meski dalam situasi pandemi,” jelasnya.

Hj. Endang juga menyampaikan kepada peserta yang hadir, untuk berani mengambil peran dalam menyongsong masa depan dengan tetap mempertahankan karakter dan nilai-nilai kebangsaan.

Sosialiasi empat pilar yang diadakan secaea tatap muka itu berlanjut dengan penyampaian materi serta diskusi bersama para peserta dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Hj. Endang juga mengatakan, empat pilar inilah yang mampu menjadikan Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya dan perbedaan tetap bersatu dan disegani oleh negara-negara lain di dunia.

“Hanya Indonesia dengan keberagaman yang bisa tetap hidup rukun dan damai. Meskipun ada riak-riak di sejumlah daerah hal itu bisa diselesaikan dengan kembali tetap berpegangan pada pedoman empat pilar kebangsaan yang menjadi keunggulan Indonesia saat ini. Karena itu, sebagai kader Gerindra semangat ini juga akan menjadi semangat untuk membangun nusa bangsa ini,” ujarnya.

Disebutkannya, Pancasila sebagai dasar negara merupakan pedoman dan sumber peraturan dan ketentuan yang berlaku di negara ini. Karena itu, katanya, semangat berbangsa dan bernegara harus dibangun dengan asas-asas yang ada dalam lima sila pancasila. Tidak ada kata lain, untuk tetap menjaga keutuhan bangsa dan negara, pancasila harus tetap hidup dan dihayati oleh seluruh bangsa Indonesia.

“Begitu pula dengan UUD 1945 yang telah mengalami amandemen dalam empat objek yang berbeda. Memberi nuansa baru bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini didukung dengan Bhineka Tunggal Ika yang menegaskan, walaupun bangsa ini memiliki beragam agama, suku, ras dan bangsa tapi tetap satu Bangsa Indonesia ,’’ katanya.

Karena itu, Hj. Endang mengajak seluruh kader Gerindra untuk komitmen mengamalkan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam berpolitik.

“Karena itu mari bekerja keras untuk menjadikan Partai Gerindra sebagai partai besar sehingga memberi kontribusi yang besar pula untuk kemajuan bangsa dan negara ini,”pungkasnya.