25 radar bogor

Endang S Thohari Dorong Pertanian Capai Kedaulatan dan Kemandirian Pangan

RADAR BOGOR, Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Gerindra Dapil Jabar III, meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, Hj. Endang Setyawati Thohari (A-84) tak hentinya terus hadir turun ke masyarakat untuk silahturahmi sekaligus menyerap aspirasi.

Untuk kali ini, Hj. Endang memberikan bimbingan teknologi (bimtek) tentang dukungan legislatif pengembangan pertanian tanaman pangan, Kamis (17/3/2022) di Hotel Salak Bogor.

Baca juga: Menko Marves Luhut Pastikan Food Estate Sumba Tengah Berhasil dari AWR

Saat ini, Hj. Endang menegaskan bahwa kebutuhan pangan nasional kita, sebanyak 30 hingga 40 persennya ditopang oleh pangan impor.

Soalnya, kata Hj. Endang, kebutuhan pangan di Indonesia di 2020-2021 banyak yang belum terpenuhi. Sehingga pemerintah harus mengimpor.

Dari data, kebutuhan beras saja sebanyak 30,08 juta ton. Daging sebanyak 3,4 juta ton ayam dan 700 ribu ton sapi. Telur 4,5 juta dan masih banyak lagi.

“Kedaulatan dan kemandirian pangan dari kebutuhan beras, daging, telur, ayam dan lainnya harus menjadi spirit agar semua petani dan peternak berkembang, untuk bisa memenuhi kebutuhan pangan, sehingga kita gak perlu impor,” tegas Hj. Edang.

Hj. Endang juga menegaskan, melalui aspirasinya, ia mendukung berbagai perkembangan dilapangan untuk menuju kedaulatan dan kemandirian pangan tersebut.

“Kalai bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang, kapan lagi,” tandasnya. (ran)