25 radar bogor

Pelatihan Strategi Marketing UBSI Bogor, Upload Foto Menarik Penjualan Jadi Naik

UBSI
Kegiatan pengabdian masyarakat UBSI Kota Bogor secara hybrid yaitu online (dalam jaringan) melalui media zoom meeting.
UBSI
Kegiatan pengabdian masyarakat UBSI Kota Bogor secara hybrid yaitu online (dalam jaringan) melalui media zoom meeting.

BOGOR-RADAR BOGOR, Dosen Universitas Bina Sarana Informatika atau UBSI, Program Studi Sistem Informasi Kampus Kota Bogor mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Pelatihan Strategi Digital Marketing Melalui Pembuatan Foto Produk Yang Menarik Untuk Promosi Produk UMKM Koperasi Wanita Atsiri Citayam di Media Sosial”.

Baca Juga : UBSI Gelar Pelatihan Public Speaking Berbahasa Inggris Bagi ASN Bappeda Bogor

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan Minggu (13/3/2022) dihadiri para anggota Koperasi Wanita Atsiri. Mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka kegiatan ini dilakukan secara hybrid yaitu online (dalam jaringan) melalui media zoom meeting dan juga dilakukan secara offline dengan tetap memperhatikan dan mengikuti aturan protokol kesehatan.

Meskipun kegiatan dilakukan dalam kondisi demikian, tidak mengurangi semangat dan antusiasme dari peserta untuk mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini dari awal hingga selesai acara.

Acara yang dimulai pada pukul 09.45 ini diawali pembukaan dengan penyampaian beberapa sambutan di antaranya sambutan dari Dewi Ayu Nur Wulandari, M.Kom sebagai Ketua Program Studi Sistem Informasi Kampus UBSI Kota Bogor, Aza Hasanudin sebagai perwakilan dari tim UBSI Bogor, serta Ibu Herlin sebagai perwakilan dari Koperasi Wanita Atsiri Citayam.

Materi yang disampaikan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah, bagaimana sebuah foto produk yang menarik dapat membantu meningkatkan promosi penjualan untuk UMKM anggota Koperasi Wanita Atsiri Citayam.

Dalam upaya untuk meningkatkan pemasaran produk dengan memanfaatkan media sosial, diperlukan strategi promosi yang tepat, salah satunya adalah dengan menampilkan foto produk yang menarik.

Tidak dapat dipungkiri bahwa konsumen biasanya akan menjadikan tampilan visual sebagai salah satu faktor dalam mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli suatu barang. Sebuah strategi promosi yang tepat akan meningkatkan pemasaran dan menambah omset penjualan.

Setelah penyampaian materi oleh Tutor telah selesai, kemudian peserta dipersilahkan untuk mencoba atau mempraktekan secara langsung semua materi yang sudah disampaikan. Pertama peserta diarahkan untuk menginstal terlebih dahulu sebuah aplikasi yaitu canva di handphone.

Kemudian membuat sebuah desain foto yang menarik untuk produk makanan dengan menggunakan aplikasi aplikasi tersebut ataupun menggunakan foto yang sudah ada.

Setelah itu peserta mencoba mengupload foto tersebut, menambahkan kalimat promosi yang menarik ataupun cara mengganti foto serta melihat hasilnya di media sosial.

Selama mempraktekan materi, dibuka juga sesi tanya jawab sekiranya ada langkah-langkah yang belum dimengerti oleh peserta atau hal lain yang ingin ditanyakan mengenai materi yang disampaikan. Selama kegiatan berlangsung peserta didampingi dan dibantu oleh tutor dan tim serta perwakilan-perwakilan dari UBSI Bogor.

Di akhir acara diberikan doorprize untuk tiga peserta yang telah mengajukan pertanyaan serta bingkisan kenang-kenangan dari para Dosen UBSI Bogor untuk Koperasi Wanita Atsiri Citayam. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung hingga pukul 12.00 WIB yang di tutup dengan sesi foto bersama. (*)