25 radar bogor

Rizky Febian Ikut Terseret Kasus Doni Salmanan, Diperiksa Bareskrim Jumat

Rizky Febian.
Rizky Febian.
Rizky Febian.
Rizky Febian.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Artis dan penyanyi Rizky Febian ikut terseret kasus aliran dana yang mengalir ke kalangan publik figur dari Doni Salmanan, tersangka kasus dugaan penipuan berkedok investasi lewat trading option platform Qoutex.

Baca Juga : Aset Doni Salmanan Disita : Mobil Mewah, Moge dan Dua Rumah!

Kasubdit I Dittipidsiber Bareskrim Polri Kombes Reinhard Hutagaol mengatakan, pihaknya sudah menjadwalkan memanggil artis Rizky Febian pada Jumat (18/3/2022). Dia diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi di kasus Doni Salmanan. “Iy diperiksa (Rizky Febian-Red),” ujar Reinhard saat dikonfirmasi, Rabu (16/3/2022).

Sementera terpisah, Dirtipidsiber Bareskrim Polri Brigjen Pol Asep Edi Suheri mengatakan, pihaknya menjadwalkan pemeriksaan terhadap lima publik figur terkait kasus yang menjerat Doni Salmanan. “Inisial MA, kedua DM, ketiga ML, keempat MR, kelima DS,” kata Asep.

Asep menuturkan, pihaknya menjadwalkan lima publik figur tersebut diperiksa pada minggu ini dan pekan depan. Sehingga diharapkan mereka bisa menghadiri pemeriksaan.

Asep berujar, lima publik figur tersebut bakal menjalani pemeriksaan guna menelusuri aliran dana dari Doni Salmanan. Sebab uang yang dimiliki oleh crazy rich asal Bandung tersebut diduga berasal dari penipuan investasi.

“Penyidik akan melakukan pemanggilan terhadap publik figur yang akan menerima atau pihak yang menerima aliran uang atau barang yang berkaitan dengan tersangka DS,” ungkapnya.

Sejumlah tokoh publik memang disebut pernah menerima aliran dana dari Doni Salmanan. Mereka di antaranya adalah Reza Arap, Alffy Rev, Rizky Febian, Arief Muhammad dan pasangan suami istri Rizky Billar dan Lesti Kejora.

Arief Muhammad sempat mengakui aliran dana dari Doni. Dia menyatakan uang tersebut untuk pembelian mobil Porsche 911 Carrera 4s miliknya dengan harga Rp 4 miliar.

Doni Salmanan juga pernah memberikan ‘saweran’ kepada Reza Arap sebesar Rp 1 miliar. Kala itu Reza Arap sedang melakukan live streaming game Ragnarok X. Dia pun terkejut ketika mendapatkan donasi yang nominalnya terus bertambah.

Bermula dengan donasi bernominal Rp 10 juta, kemudian terus bertambah hingga nominalnya mencapai Rp 1 miliar. Ternyata donasi tersebut didapatkannya dari Doni Salmanan.

Musisi dan kreator konten Alffy Rev juga mengakui menerima aliran dana dari pria yang mendapatkan julukan Crazy Rich Bandung itu. Dia menyatakan dana tersebut merupakan bentuk sponsor dari Doni Salmanan untuk proyek Wonderland Indonesia dan telah habis.

Kemudian, Doni Salmanan juga membeli minuman racikan anak Sule yakni Rizky Febian pada September 2021 dengan harga Rp 400 juta. Ada juga pasangan artis, Lesti Kejora dan Rizky Billar yang pernah mendapat amplop kondangan tebal berisikan dollar dari Doni Salmanan.

Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menetapkan Doni Salmanan sebagai tersangka terkait kasus dugaan penipuan trading binary option lewat Platform Quotex. Doni saat ini juga sudah mendekam di Rutan Bareskrim Polri.

Doni Salmanan dikenakan pasal berlapis yakni Pasal 45 Ayat (1) Juncto Pasal 28 Ayat (1) Undang-Undang ITE ancamannya 6 tahun penjara. Kemudian Pasal 378 KUHP ancaman penjara 4 tahun, dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang dengan ancaman 20 tahun penjara. (jpg)