25 radar bogor

Wabup Iwan Setiawan Ingatkan 6 Hal yang Perlu Ditingkatkan di HUT Satpol PP Bogor

Wabup Iwan Setiawan Ingatkan 6 Hal yang Perlu Ditingkatkan di HUT Satpol PP
Wabup Iwan Setiawan Ingatkan 6 Hal yang Perlu Ditingkatkan di HUT Satpol PP

CIBINONG-RADAR BOGOR, HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Ke-72 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Ke-60 Kabupaten Bogor diharapkan jadi sarana peningkatan semangat pengabdian dan kinerja.

“Terlebih dalam mendorong terciptanya ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat menuju Indonesia maju dan sehat,” ujar Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan saat mengikuti kegiatan peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas 2022 di Aula Mako Satpol PP Kabupaten Bogor pada Selasa, (15/3/22).

Baca juga: Satpol-PP Siap Turunkan Spanduk Liar Capres di Puncak

Iwan Setiawan mengungkapkan, Satpol PP dan Satlinmas memiliki peran yang sangat penting. Termasuk di masa pandemi Covid-19 dalam mendukung upaya pencegahan dan pengendalian serta pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19, percepatan vaksinasi tahap 1, 2 dan 3 serta pemulihan ekonomi nasional.

Di momen ini, Iwan meminta jajaran Satpol PP dan Linmas Kabupaten Bogor dapat meningkatkan enam hal. Pertama yakni kesiapsiagaan dalam mendukung upaya pencegahan, pengendalian serta penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19 serta berperan aktif dalam pemulihan ekonomi nasional dan daerah.

“Kedua, berperan aktif dalam percepatan vaksinasi tahap 1, 2 dan 3, karena vaksinasi adalah faktor kunci dalam penanganan pandemi saat ini. Ketiga, berikan contoh baik kepada masyarakat dalam penerapan disiplin protokol kesehatan Covid-19,” paparnya.

Selanjutnya keempat, tingkatkan pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan dalam mengawal urusan ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat sebagai urusan wajib yang terkait dengan pelayanan dasar.

Lalu kelima, perkuat koordinasi, integrasi dan sinkronisasi, baik secara vertikal maupun horizontal dengan berbagai instansi terkait atas dasar hubungan fungsional, saling membantu dan saling menghormati.

Dan Keenam, melaksanakan tugas yang tegas namun tetap humanis, dan senantiasa memperhatikan aspek Hak Asasi Manusia (HAM) serta citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Iwan mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan jajaran Satpol PP dan Linmas selama ini dalam melaksanakan tugas sebagai.

Sebagai Abdi Negara, Abdi Masyarakat dan Abdi Pemerintah untuk meningkatkan ketertiban umum, menjaga keamanan serta melindungi masyarakat.

“Kondisi yang kondusif yang kita rasakan saat ini tidak lepas dari peran serta Satpol PP dan Linmas dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban. Marilah kita bangun dan pelihara bersama dengan cara menjaga dan memelihara ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat,”pungkasnya.(cok)