25 radar bogor

Endang S Thohari Dorong Potensi Perkebunan Cianjur Melalui Program Aspirasi

RADAR BOGOR, Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Gerindra Dapil Jabar III, meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, Hj. Endang Setyawati Thohari (A-84) pada masa reses ini tak hentinya terus hadir turun ke masyarakat untuk silahturahmi sekaligus menyerap aspirasi, salah satunya dengan menggelar bimbingan teknik (bimtek) di Hotel Bumi Ciherang, Kabupaten Cianjur, Jumat (11/3/2022).

Dalam paparannya, Hj. Endang menjelaskan sekilas mengenai tugas dan fungsi DPR RI.

Baca juga: Bantu Wujudkan Program Petani Milenial Jawa Barat, Begini Langkah Eksportir Asal Bogor

Mewujudkan kedaulatan pangan, energi dan air di Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor, Hj. Endang menggelar bimtek tersebut.

Hj. Endang membeberkan, potensi perkebunan di Kabupaten Cianjur. Diantaranya perkebunan kopi, kelapa, karet, kakao, tembakau dan teh.

“Saya sudah banyak memberikan bantuan program aspirasi saya, salah satunya di bidang perkebunan kopi. Dengan memberikan mesin pengolahan kopi, bibit dan intensifikasi untuk sejumlah kelompok tani di Cianjur, sehingga dapat terwujudnya kedaulatan pangan kita, kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi.” beber Hj. Endang.

Hj Endang juga telah memberikan berbagai bantuan kepada petani perkebunan pala di Desa Panyindangan. Serta perkebunan aren di wilayah Cianjur Tengah dan Selatan.

“Di keduanya itu, saya sudah memberikan usulan ke pemerintah, terkait pengadaan bantuan bibit pala dan solar dryer untuk perkebunan pala. Dan mengusulkan bantuan mesin pengolahan gula semut untuk perkebunan aren,” tegas Hj. Endang.

Ia berharap, melalui aspirasinya sebagai anggota DPR RI, para petani memanfaatkan berbagai bantuan, termasuk bimtek, untuk mengembangkan potensi perkebunan di masing-masing wilayah. tandas Hj. Endang. (ran)