25 radar bogor

HUT Ke-61, Kostrad Bedah Rumah Warga Sukaraja

Bupati Bogor, Ade Yasin bersama jajaran Kostrad saat bakti sosial bedah rumah tak layak huni di Cimandala, Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sabtu (12/3/2022). 
Bedah Rumah
Bupati Bogor, Ade Yasin bersama jajaran Kostrad saat bakti sosial bedah rumah tak layak huni di Cimandala, Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sabtu (12/3/2022).

SUKARAJA – RADAR BOGOR, HUT Ke-61, Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) menggelar bakti sosial bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kampung Poncol, Desa Cimandala, Sukaraja.

Baca Juga : Kerjasama dengan Polsek, 180 Siswa SDIT Birrul Waalidain Jalani Vaksinasi Kedua

Bekerja sama dengan Motor Besar Indonesia (MBI), melalui kegiatan bedah rumah ini diharapkan memperkuat sinergi antara Kostrad dengan Pemkab Bogor.

“Selamat ulang tahun untuk Kostrad, saya juga mengucapkan terima kasih atas bentuk kepedulian MBI yang telah melakukan bedah RTLH terhadap salah satu warga kami di Sukaraja ini,” ujar Bupati Bogor, Ade Yasin saat menghadiri kegiatan HUT Kostrad 2022 pada Sabtu (12/3/2022).

Bedah rumah milik pensiunan tentara yang telah berjuang di Irian Jaya itu, diwarnai dengan pembagian sembako bagi warga sekitar.

Ade Yasin berharap, kegiatan ini bisa memperkuat sinergi dan kerjasama antara Pemkab Bogor dengan Kostrad. Terlebih, telah terjalinnya kerjasama antara Pemkab Bogor dengan Pangkostrad dengan membangun Jembatan Rawayan di beberapa titik, salah satunya Jembatan Rawayan di Rancabungur.

Menurutnya, Pemkab Bogor juga memiliki program Rehab RTLH yang diterima langsung oleh masyarakat. Tak menutup kemungkinan program itu dapat dikerjasamakan dengan TNI atau organisasi MBI. Sebab program ini tidak hanya dibiayai oleh APBD, namun juga oleh APBD Provinsi hingga APBN.

Hingga kini, Pemkab Bogor telah membangun 11.656 RTLH. Untuk APBD Provinsi sebanyak 2.430, dan untuk APBN sebanyak 7.392 RTLH.

“Pemkab Bogor melalui APBD mengeluarkan Rp15 juta per Kepala Keluarga, sedangkan untuk APBD Provinsi Rp20 juta. Kalau misalnya dikerjasamakan mungkin ini akan mempercepat program pembangunan Rutilahu, hasilnya bagus seperti ini,” imbuhnya.

Danyon Armed 10 Bradjamusti Kostrad, Letkol Arm. Aris Gunawan menerangkan, program bedah rumah ini sudah direncanakan oleh Kostrad. Dia berharap, kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk warga sekitar.

Program ini pun terus berjalan secara rutin setiap tahunnya, dengan minimal 1 rumah tidak layak huni direhab menjadi rumah layak huni.

“Saat ini baru rumah-rumah yang berlokasi tidak jauh dari asrama Kostrad, sehingga warga desa yang berdekatan dengan kami bisa mendapatkan dampak dan manfaatnya,” ungkap Danyon.

Di tempat yang sama, Ketua MBI, Rio Castello mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kostrad dan Pemkab Bogor sehingga MBI diberi kesempatan untuk ikut berpartisipasi membantu masyarakat Kabupaten Bogor melalu program bedah rumah.

“Ini membuktikan kami dari club Motor Besar Indonesia, bahwa kita sebagai anak motor tidak selalu arogan, tidak selalu hura-hura tapi kami dari MBI peduli terhadap masyarakat sekitarnya,” tandasnya.(cok)

Editor : Yosep