25 radar bogor

Smile Train Indonesia Rayakan 100.000 Operasi Anak Sumbing Dari Sabang Sampai Merauke

Smile Train Indonesia Rayakan 100.000 Operasi Anak Sumbing Dari Sabang Sampai Merauke

MEGAMENDUNG-RADAR BOGOR, Satu dari 700 bayi di Indonesia, terlahir dengan kondisi celah pada bibir dan langit-langit mulut (sumbing)

Jika dibiarkan, kondisi ini dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental mereka untuk jangka panjang.

Baca juga: Kasus Bayi Bibir Sumbing Tinggi, Ahli Bedah Plastik : Penyebabnya Belum Terpecahkan

Sejak tahun 2022, Smile Train Indonesia sebagai bagian dari organisasi nirlaba terbesar di dunia yang berfokus pada bantuan perawatan bibir sumbing dan celah langit-langit mulut gratis, kembali menapaki tonggak sejarah penting perayaan 100.000 operasi sumbing dari Sabang sampai Merauke.

“100.000 operasi yang kita selebrasikan hari ini, tentunya tidak akan terwujud tanpa dukungan utama dari keluarga pasien, rekan-rekan media, ratusan rumah sakit yang menjadi mitra kami, para dokter, pekerja sosial, para sponsor serta mitra kami di TNI dan POLRI yang telah mendukung Smile Train untuk menjangkau lebih banyak pasien dari seluruh Indonesia,” ujar Country Manager dan Program Director Smile Train Indonesia, Deasy Larasati pada seri webinar dan perayaan apresiasi di Vimalla Hills, Megamendung, Bogor.

Pada acara bertajuk 100K Surgery Celebration – Creating Smiles with Smile Train Indonesia ini, diadakan bersama dengan para mitra tenaga kesehatan Smile Train Indonesia pada 10-11 Maret 2022.

Menurut Deasy, selama 20 tahun pihaknya melihat langsung bagaimana permasalahan bibir sumbing dan celah langit-langit mulut kerap dihadapi oleh anak-anak Indonesia di berbagai daerah dan berbagai tingkatan ekonomi.

Edukasi dan akses terhadap fasilitas kesehatan kerap menjadi kunci agar kondisi sumbing bisa mendapat perawatan yang tepat.

Pada seri webinar tersebut, Smile Train Indonesia mengajak masyarakat untuk lebih jauh memahami perawatan komprehensif bibir sumbing, mulai dari operasi sumbing, perawatan nutrisi untuk anak, terapi wicara, serta kesehatan oral dan ortodontis.

Dengan berbagai tantangan, kiprah 20 tahun Smile Train Indonesia yakni bermitra dengan ratusan rumah sakit, tenaga kesehatan dan berbagai institusi dari seluruh Indonesia hingga memecahkan rekor MURI untuk Operasi Sumbing Terbanyak.

“Telah genap 100.000 anak Indonesia mendapatkan kembali senyuman mereka berkat dukungan selama dua dekade dari Smile Train Indonesia beserta para mitra, lewat rangkaian operasi dan perawatan yang selama ini dikenal dengan Comprehensive Cleft Care (CCC),” terang Deasy.

President & CEO Smile Train, Susannah Schaefer mengatakan, Indonesia adalah negara dengan alam
yang indah dan juga senyuman-senyuman ramah di tiap sudutnya. Sehingga Smile Train sangat bangga
ketika mampu memberikan dukungan akan terciptanya senyuman anak-anak penerus masa depan.

“Perayaan 100K operasi bukanlah akhir perjalanan, melainkan tapak langkah baru bagi Smile Train agar dapat memperluas dan memberikan perawatan komprehensif terbaik, demi terciptanya lebih banyak senyum anak Indonesia,” pungkasnya.(cok)