Ini Dia Tips-tips Mengirim Pesan WhatsApp Tanpa Harus Mengetik

JAKARTA – RADAR BOGOR, MUNGKIN tak ada salahnya menyebut WhatsApp sebagai aplikasi pesan yang banyak digunakan warga dunia. Termasuk di Indonesia.

WhatsApp mempermudah kita dalam menyampaikan pesan ke siapa saja, baik keluarga, teman, rekan kerja dan lainnya. Pernahkah Anda mengobrol dengan seseorang, tetapi kamu tidak ingin mengetik ?

Tidak diragukan lagi, mengetik adalah tugas yang sangat membosankan dan bahkan bisa melelahkan jari Anda.

universitas-ibn-khaldun-uika-bogor

Seperti yang kita ketahui, terkadang Anda merasa kesal saat menulis pesan yang panjang, terutama ketika kita ingin mengirim pesan penting dengan cepat.

Bayangkan bagaimana jadinya jika Anda bisa mengirim pesan di WhatsApp tanpa mengetik ?

Untungnya, hal ini bisa dilakukan. Anda kini bisa mengirim pesan di WhatsApp tanpa jari repot mengetik keyboard ponsel kamu asal tahu caranya.

Buat yang belum tahu, begini loh caranya.

  1. Ketik pesan WhatsApp dengan suara Anda

Keyboard asli ponsel cerdas Anda dilengkapi dengan fitur suara-ke-teks bawaan atau built-in voice-to-text feature yang bisa secara otomatis mengubah semua yang Anda katakan menjadi teks.

Jadi pada dasarnya, ini memungkinkan Anda untuk mengetik teks dengan suara Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah mengklik ikon mikrofon di keyboard Anda untuk mengaktifkan fitur ini.

Berikut adalah panduan lengkap langkah demi langkah. – Buka WhatsApp di perangkat Android atau iOS Anda.

  • Klik pada obrolan tempat Anda ingin mengirim pesan.
  • Ketuk kotak pesan di bagian bawah untuk membuka keyboard Anda.
  • Klik ikon mikrofon di keyboard. Anda akan menemukannya di pojok kanan bawah di iOS.    Di sisi lain, sebagian besar ponsel Android memiliki ikon ini di bagian atas keyboard.Setelah mikrofon diaktifkan, ucapkan apa pun yang Anda ingin ketikkan dalam pesan Anda.

    -Hentikan mikrofon dan tinjau teks di kotak pesan. Jika semuanya baik-baik saja, ketuk ikon kirim.

     

    1. Gunakan Asisten Google untuk mengirim pesan WhatsApp

    Google Assistant adalah asisten virtual bertenaga AI oleh Google yang bisa membantu Anda melakukan tugas dengan memberikan perintah suara.

    Anda juga bisa menggunakan Google Assistant untuk mengirim pesan di WhatsApp jika kamu tidak ingin mengetik secara manual. Harap dicatat bahwa metode ini hanya untuk pengguna Android karena tidak berfungsi di iOS/iPhone.

    Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti.

    -Pertama-tama, Anda harus mengunduh dan menginstal aplikasi Google Assistant di ponsel cerdas Anda, yang sudah diinstal sebelumnya di sebagian besar ponsel Android.

    -Selanjutnya, buka aplikasi Google Assistant dan ucapkan perintah ini: “Hai Google, Kirim pesan WhatsApp ke nama kontak“. Gunakan Asisten Google untuk mengirim pesan WhatsApp.

    Ganti nama kontak dengan nama orang yang ingin Anda kirimi pesan.  Pastikan nama itu disimpan dalam daftar kontak Anda dengan nama yang sama.

    -Sekarang Asisten Google akan meminta Anda untuk mengonfirmasi nama kontak yang telah kamu ucapkan.

    Ketuk tombol Konfirmasi Jika ada lebih dari satu kontak dengan nama yang sama di buku telepon Anda, kamu akan diminta untuk memilih yang benar.

    -Pada langkah selanjutnya, Anda bisa mengatakan pesan apa pun yang ingin Anda kirim. Jika Asisten Google tidak mendengarkan, nyalakan mikrofon dengan mengetuk ikonnya di bagian bawah.

    Terakhir, Anda bisa meninjau pesan kamu dan mengetuk tombol Kirim atau meminta Asisten Google untuk mengirim pesan melalui perintah suara.

     

    1. Kirim pesan suara di WhatsApp Cara lain untuk mengirim pesan ke seseorang tanpa mengetik di WhatsApp adalah dengan menggunakan fitur pesan suara asli.

     

    Dengan fitur ini, Anda bisa merekam apa pun yang ingin kamu katakan dan itu akan dikirim sebagai rekaman audio saja.

    Harap dicatat bahwa metode ini tidak akan mengubah suara Anda menjadi teks seperti yang sebelumnya.

    Mengirim catatan suara di WhatsApp sangat sederhana, Anda hanya perlu membuka obrolan pengguna dan menekan lama ikon mikrofon di sudut kanan bawah.

    Setelah itu, ucapkan apa pun yang ingin Anda katakan dan kamu akan melihatnya direkam secara real-time. Pastikan untuk mengetuk dan menahan tombol mikrofon hingga rekaman Anda selesai. (fny/mcr13/jpnn)

Berita Lainnya