25 radar bogor

Waspada! Gunung Merapi Bergolak, Muntahkan Lava Pijar Sejauh 1,5 Km

Gunung Merapi
Gunung Merapi saat memuntahkan awan panas dan lava pijar, Senin (7/3/2022) malam.
Gunung Merapi
Gunung Merapi saat memuntahkan awan panas dan lava pijar, Senin (7/3/2022) malam.

SLEMAN – RADAR BOGOR, Gunung Merapi di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Jogjakarta, memuntahkan awan panas dan lava pijar Senin (7/3/2022) malam. Muntahan Wedus Gembel itu mencapai jarak 2 km  ke arah barat daya.

Baca Juga : Guguran Lava Gunung Merapi Meluncur hingga Jarak 2.000 Meter

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida, mengatakan tak hanya awan panas, Gunung Merapi juga memuntahkan lava pijar sebanyak 6 kali dengan jarak luncur sejauh 1500 m, gempa guguran 75 kali, gempa hembusan satu kali, gempa fase banyak atau hybrid enam kali dan gempa tektonik jauh satu kali.

Hanik menjelaskan, potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 km.

Dan pada sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 km dan Sungai Gendol 5 km. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

“Untuk itu masyarakat diimbau agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya, dan agar mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi, serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi,” jelasnya.

BPPTKG saat ini masih menetapkan status Gunung Merapi level III atau siaga dan akan meninjau kembali jika ada perubahan aktivitas Gunung Merapi yang signifikan. (*)