25 radar bogor

Endang S Thohari Kampanyekan Gemarikan di Cianjur: Cegah Stunting dan Tingkatkan Perekonomian Warga

RADAR BOGOR, Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Gerindra Dapil Jabar III, meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, Hj. Endang Setyawati Thohari (A-84) pada masa reses ini tak hentinya terus hadir turun ke masyarakat untuk silahturahmi sekaligus menyerap aspirasi, salah satunya hadir pada acara gerakan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN) di Cimanggu Beber, Kabupaten Cianjur, Jumat (4/3/2022).

Dalam kegiatan, Hj. Endang memaparkan, bahwa GEMARIKAN ini adalah program nasional yang dicanangkan Kementerian Kelautan Dan Perikanan, yang dilaksanakan oleh Dirjen PDSPKP sejak tahun 2004.

Baca juga: Penanggulangan Stunting, Pemerintah Perlu Melakukan Revolusi Milenial

Bertujuan untuk mengkampanyekan akan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini. “Karena banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak serta mencegah stunting maupun gizi buruk pada generasi penerus bangsa,” beber Hj. Endang.

Kegiatan GEMARIKAN ini, kata Hj. Endang, akan dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan pada setiap tahunnya. Melalui aspirasi saya sebagai Anggota DPR RI Komisi IV Dapil Jawa Barat III (Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor).

Dengan tujuan mengajak masyarakat untuk meningkatkan konsumsi makan ikan khususnya masyarakat Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor yang jumlah angka balita bawah dua tahun (baduta) stunting masih cukup tinggi.

“Pada 2020 dan 2021 yang lalu saya telah melaksanakan GEMARIKAN di Kota Bogor, dan tahun 2022 ini kita laksanakan di Kabupaten Cianjur,” katanya.

Ikan sebagai salah satu  sumber protein yang murah dibandingkan dengan daging, dengan segenap keunggulannya haruslah menjadi  hidangan prioritas.

Ikan juga dapat diolah  menjadi menu hidangan yang menarik melalui diversifikasi olahan seperti; somay, batagor, sosis ikan, nugget, bakso, kerupuk, abon ikan dan lain sebagainya.

“Diversifikasi produk olahan berbahan ikan harus terus digalakkan terutama untuk ibu-ibu rumah tangga agar keluarga tetap terjaga asupan protein serta gizinya. Dan yang tak kalah penting adalah meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas tubuh,” tegas Hj. Endang.

Di sisi lain kegiatan ini sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat karena produk yang dibagikan berasal dari sektor usaha olahan ikan masyarakat Kabupaten Cianjur.

Serta menjaga kelangsungan usaha mereka pada situasi pandemi ini, serta mendorong tumbuhnya UMKM baru bidang perikanan untuk mengembangkan potensi masyarakat lokal khususnya penggerak sektor perikanan.

“Melalui GEMARIKAN diharapkan dapat mengurangi angka stunting serta tumbuh kesadaran gizi individu, keluarga maupun masyarakat untuk gemar makan ikan dan masyarakat mampu menyerap produk olahan ikan melalui UMKM di sektor perikanan untuk meningkatkan ekonomi pada masa Pandemi Covid-19 ini,” tutup Hj. Endang. (*)