25 radar bogor

Endang S Thohari, melalui Aspirasinya bersama KKP Salurkan Ribuan Paket Bantuan Sembako di Acara Bakti Nelayan Cianjur

RADAR BOGOR, Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Gerindra Dapil Jabar III, meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, Hj. Endang S Thohari kembali bersilaturahmi dan menyerap aspirasi masyarakat pada masa reses melalui kegiatan Bakti Nelayan Desa Wangunjaya Agrabinta, Kabupaten Cianjur, Senin (28/2/2022)

Dalam kegiatan bakti nelayan Desa Wangunjaya Agrabinta, Hj. Endang menyampaikan pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia saat ini, telah memasuki tahun ke tiga.

Baca juga: Hari Nelayan Sedunia, Sejahtera Nelayannya, Terpenuhi Hak Anaknya

Hal tersebut berdampak pada menurunnya dan dibatasinya aktivitas masyarakat.

Pada kegiatan Bakti Nelayan tersebut melalui Aspirasi Hj. Endang S Thohari bersama Kementerian Kelautan dan perikanan RI (KKP) menyalurkan paket bantuan perbekalan melaut nelayan dalam bentuk sembako.

Bantuan tersebut dimaksudkan untuk meringankan beban ekonomi nelayan yang juga terdampak dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini.

“Menurutnya aktivitas seperti ini tentunya sangat berdampak pada penurunan pendapatan harian seluruh
masyarakat, tak terkecuali masyarakat nelayan lokal dan pembudidaya ikan khususnya di Kabupaten Cianjur,” kata Hj. Endang.

Hj. Endang juga mengatakan, dampak wabah pandemi ini sangat dirasakan betul oleh para nelayan.

Karena menurunnya, daya beli masyarakat ditambah juga turunnya harga ikan hingga mencapai 50% bahkan lebih.

“Hal tersebut terjadi dikarenakan permintaan konsumen terutama pihak hotel, restoran, wisata bahari maupun wisata kuliner hasil laut menurun akibat pembatasan akitivitas masyarkat yaitu PPKM,” tambah Hj. Endang.

Hj. Endang S Thohari, berpesan kepada nelayan agar tetap optimis dan bersabar menghadapi pandemi. Ia meminta agar para nelayan tetap menerapkan protokol kesehatan pada saat beraktivitas sebelum ,saat dan setelah menangkap ikan.

Maka dari itu, lanjut Hj. Endang, pemerintah dan DPR RI Komisi IV terus berupaya menjaga, agar nelayan tetap dapat berusaha melaut.

Karena sektor perikanan tangkap sebagai salah satu garda terdepan ketahanan pangan. Agar usaha tangkapnya tetap bergulir dan tidak terganggu oleh situasi pandemi.

“Sehingga terciptanya bangsa yang berdaulat terhadap pangan, energi dan air,” tandas Hj. Endang. (*)