25 radar bogor

Pemerintah Targetkan Penyaluran Bansos Selesai Dua Pekan Terakhir Bulan Ini

Ilustrasi Bansos
Bansos yang digelontorkan oleh pemerintah melalui Kemensos RI telah disalurkan untuk periode Agustus 2023.
Ilustrasi bansos
Ilustrasi bansos

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pemerintah menargetkan penyaluran bansos untuk selesai dalam dua pekan terakhir pada bulan Februari ini.

Baca Juga : Soal Tudingan Dana JHT Digunakan untuk Ibu Kota Baru, Ini Penjelasan Pemerintah

Hal itu sebagaimana tindak lanjut atas arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginstruksikan percepatan penyaluran bansos untuk tahun 2022.

Kemensos, Kemendes, dan Kemendikbud agar segera mempercepat penyaluran bansos 2022 di dua minggu terakhir bulan Februari,” tegas Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dikutip, Jumat (18/2/2022).

Menko Muhadjir meminta kepada seluruh pihak untuk dapat berkomitmen dalam mengawal percepatan penyaluran bansos. Mulai dari data, proses admistrasi, penyesuaian regulasi harus selesai pada sebelum minggu berganti.

Khusus untuk Kementerian Dalam Negeri (Mendagri), diminta untuk membuat tim satgas pengawalan sehingga pemerintah daerah (pemda) dipastikan mengawal percepatan bansos. Demikian pula TNI/Polri juga diminta untuk mengawal percepatan penyaluran bansos dan utamanya untuk daerah sulit.

Sosialisasi juga ditekankan kepada kementerian/lembaga dan pemda melalui berbagai media informasi. Pastikan keluarga penerima mengetahui besaran bansos yang diterima, kapan dapat diterima dan wajib bagi para penerima segera menggunakan bansos untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

“Bansos yang dikelola Kemensos yaitu Program Sembako dan PKH juga harus dipastikan agar diterima masyarakat sebelum bulan Maret 2022. Langkah percepatan salur seperti yang sudah direncanakan oleh Kementerian Sosial,” kata Muhadjir.

Adapun, untuk bansos program keluarga harapan (PKH) tahap I disalurkan oleh Bank dimulai tanggal 21 Februari 2022. Sementara untuk program sembako disalurkan melalui PT Pos rapel Januari-Maret yang direncanakan mulai tanggal 22 Februari 2022. (jpg)