25 radar bogor

Bukan ke Korea, Ini Klub Baru Pratama Arhan di Jepang

Unggahan Tokyo Verdy usai menggaet Pratama Arhan. (Tangkapan layar Instagram)
Unggahan Tokyo Verdy usai menggaet Pratama Arhan. (Tangkapan layar Instagram)

RADAR BOGOR, Terungkap sudah klub yang jadi destinasi bek kiri timnas Indonesia, Pratama Arhan. Ia resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Tokyo Verdy dalam akun resmi instagram klub yang terverifikasi, Rabu (16/2/2022).

Media Itali Kabarkan Pratama Arhan Tengah Dipantau Klub Seri A Lazio

Arhan memang dalam beberapa pekan terakhir dikabarkan menuju klub luar negeri setelah penampilan gemilang bersama timnas di Piala AFF 2020.

Arhan membuka peluang bermain di luar negeri setelah kabar ketertarikan dari Korea Selatan hingga Thailand. Namun, bek yang merekah bersama PSIS Semarang itu ternyata menempatkan pilihan untuk membela klub J2.League (kasta kedua kompetisi Jepang), Tokyo Verdy.

Dengan demikian, Arhan menjadi pemain keempat dari Indonesia yang bisa mencicipi kompetisi Jepang. 

Sebelumnya ada Ricky Yacobi yang direkrut Matsushita Electric FC (sekarang Gamba Osaka), lalu Irfan Bachdim dan kemudian Stefano Lilipaly.

Irfan mulai bermain di Jepang pada 2014, kala itu bersama Ventforet Kofu. Namun di klub tersebut, Irfan Bachdim tidak pernah dapat kesempatan bermain. Pada 2015, datang tawaran dari Consadole Sapporo, dan turut serta merasakan promosi ke J1.League.

Sementara untuk Stefano, atau Fano, ia juga bermain di Consadole Sapporo. Tapi karier Fano di sana tidak begitu baik hingga akhirnya kembali ke kompetisi Belanda untuk membela Telstar, sebelum akhirnya merumput di Indonesia bersama Bali United pada 2017. (goal/rur)