25 radar bogor

Endang S Thohari, Tengok KWT Srikandi dan Dorong KWT Lain Ikut Berkembang

RADAR BOGOR, Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Gerindra Dapil Jabar III, meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, Dr. Ir. Hj. Endang Setyawati Thohari, DESS.,M.Sc (A-84) mengunjungi Kelompok Wanita Tani (KWT) Srikandi di Desa Gadog, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jumat (11/2/2022).

Dalam kunjungan dan silahturahmi sekaligus menyerap aspirasi masyarakat, Hj. Endang mengatakan sangat bangga mengunjungi KWT Srikandi.

Baca juga: Bareng Tim PTDM Unmer Malang, Poktan dan KWT Ngudi Rahayu Siap Bangkit

Hj. Endang menyampaikan, saat ini tanaman hortikultura menjadi tanaman budidaya dikebun dengan skala yang besar, tapi bisa juga dibudidayakan di area bersekala kecil.

Misalnya di pekarangan rumah. Sehingga tanamannya dapat memberi manfaat secara langsung kepada yang membudidayakan.

Karena, menurutnya, dengan lahan yang sempit, mereka bisa memproduksi tanaman-tanaman hortikultura untuk konsumsi keluarga dan masyarakat sekitar.

Menurut Hj. Endang, tanaman hortikultura dan tanaman obat sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Karena merupakan sumber gizi sehingga bisa menjadi pelengkap makanan pokok yang berpengaruh terhadap kondisi kesehatan manusia.

“Selain itu, tanaman hortikultura merupakan sumber berbagai vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Terutama dalam rangka antisipasi Covid-19,” terang Hj. Endang.

Menurutnya, Covid-19 bisa dicegah salah satunya dengan penanaman tanaman hortikultura dan rempah obat untuk bisa memenuhi kebutuhan gizi dan kesehatan, serta dapat membantu perekonomian keluarga.

“Dan ibu-ibu di sini sangat antusias, untuk mengembangkan halaman dilingkungan mereka,” ungkap Hj. Endang.

“Jadi saya sangat bangga, dan mudah-mudahan bisa menjadi motivasi RW lain dan KWT yang lain,” tutup Hj. Endang.

Sementara itu, ditempat yang sama, perwakilan KWT Srikandi Jembar, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Hj. Endang.

Ia berharap kedepan, setelah kunjungan, KWT mereka lebih maju dan sukses.

Setelah kunjungan, pihak KWT Srikandi Jembar akan membuat rencana, tidak hanya pertanian, tapi juga mereka akan merambah ke perikanan.

“Sesuai arahan Ibu Hj. Endang, bersamaan dengan tujuan kami menjadikan kampung kami jadi kampung hejo, jadi kedepan akan merambah ke perikanan,” kata perwakilan pengurus KWT Srikandi.

“Mudah-mudahan bisa sampai ke peternakan, dengan lahan yang minim, tapi mudah-mudahan bisa sampai situ,” tandasnya. (*)