25 radar bogor

BMKG: Puncak Musim Penghujan, Waspada Longsor di Puncak!

BMKG: Puncak Musim Penghujan, Waspada Longsor di Puncak!
BMKG: Puncak Musim Penghujan, Waspada Longsor di Puncak!

CISARUA-RADAR BOGOR, Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) Citeko-Cisarua memprediksi hujan dengan Instensitas sedang dan lebat masih akan mengguyur Jawa Barat hingga dua hari kedepan. Bahkan bisa hingga akhir Februari ini.

Untuk itu, Kepala BMKG Citeko-Cisarua, Fatuhri menghimbau kepada masyarakat, khususnya yang berada di kawasan perbukitan atau tebingan untuk selalu waspada.

Baca juga: Omicron Melonjak, Pegawai Hotel Di Puncak Kena Imbas, Kembali Kerja Separuh Waktu

Sebab, ia mengkhawatirkan ada tumpukan air dalam tanah yang berpotensi mengakibatkan terjadinya longsor. Baik longsor-longsor kecil maupun besar.

“Iya, saat kawasan pegunungan terus diguyur hujan akan ada penumpukan air di tanah. Terlebih kondisi tebing tanpa pohon-pohon penahan berpotensi terjadi bencana longsor,” ujar Fatuhri kepada Radar Bogor, Kamis (10/2/2022).

Perihal ancaman longsor di wilayahnya, Camat Cisarua, Ivan Pramudia mengingatkan warganya untuk selalu waspada akan kondisi cuaca yang saat ini terjadi.

Selain itu, Ivan juga terus mengingatkan Pemerintah desa agar menghimbau RT,RW, Kadus dan lembaga desa lainnya untuk ikut berperan aktif dalam menjaga wilayahnya terutama bisa melakukan pencegahan dini.

“Jadi harus ada peran masyarakat untuk mencegah terjadinya bencana. Jika melihat kondisi tanah berpotensi longsor segera ingatkan warga yang ada. Lalu, laporkan ke Pemerintah Desa hingga kecamatan atau instansi terkait,” katanya kepada Radar Bogor Kamis (10/2/2022).

Terpisah, Kepala desa Citeko, Syahrudin mengaku selama musim hujan ini, pihaknya terus memerintahkan RT dan RW serta lembaga desa untuk memonitoring di setiap wilayahnya. Terlebih di titik rawan bencana.

“Tentunya kita terus memantau kondisi wilayah. Terlebih saat musim hujan seperti ini,” tukasnya. (all)