25 radar bogor

PPKM di Jabodetabek Naik ke Level 3, Ini Instruksi Luhut untuk Kepala Daerah

Luhut
PPKM Level 3
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyebut PPKM di Jabodetabek akan naik ke level 3.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Seiring dengan terus meningkatnya kasus Covid-19, PPKM di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) naik ke level 3.

Baca Juga : Kasus Omicron Melonjak, Okupansi Hotel di Puncak Kembali Anjlok

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, dalam rapat koordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor secara virtual, dalam rangka evaluasi PPKM Jawa Bali, Minggu (6/2/2022).

Seperti ditulis dalam rilis Diskominfo Pemkab Bogor, Luhut Binsar Pandjaitan menerangkan, rapat koordinasi evaluasi PPKM Jawa-Bali dilakukan untuk menyikapi kasus Omicron yang terus mengalami kenaikan.

Ia pun meminta, masyarakat yang bergejala ringan untuk dirawat di isoter guna mengurangi perawatan di rumah sakit. Untuk kekebalan varian Omicron, vaksinasi dosis dua terutama untuk lansia harus dikejar.

Menko Marves meminta sebagai upaya penanganan menghadapi lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron, yakni pertama ia meminta para gubernur, walikota, bupati untuk mengkonversi tempat tidur rumah sakit menjadi tempat tidur Covid-19.

“Kita siap-siap saja pada skenario paling buruk, tetapi kita jauh lebih bagus dari Juli tahun lalu karena kita punya pengalaman dan kesiapan rumah sakit, obat, dan sebagainya,” katanya.

“Kedua saya minta para gubernur, walikota memperbanyak tempat isolasi terpusat untuk menampung pasien,” sambungnya.

Ketiga lanjut Luhut, ia meminta para gubernur, walikota, bupati untuk memastikan terdapatnya alat proteksi. Ini hal penting untuk para gubernur agar dapat memastikan tenaga kesehatan memakai alat pelindung diri (APD).

Para bupati diminta memperhatikan tenaga kesehatan (nakes), agar terhindar dari Covid-19.

Keempat ia meminta gubernur, walikota mengakselerasi vaksinasi dosis 2 dan booster terutama untuk lansia dan kelompok rentan.

Lalu kelima ia meminta para gubernur, walikota dan bupati bersama TNI dan Polri menegakkan aturan PPKM dalam Inmendagri selama satu bulan ke depan.

“Pergerakan untuk lansia dan orang yang memiliki komorbid agar dibatasi dan terdapat larangan orang-orang yang belum divaksin (bukan karena alasan medis) untuk beraktivitas di publik,” tandasnya. (net)