25 radar bogor

Mesir Kalah di Final Piala Afrika, Mohamed Salah Bakal Balas Senegal di Ajang Ini

Mohamed salah
Mohamed Salah. (Reuters)

YAOUNDE-RADAR BOGOR, Bintang Timnas Mesir, Mohamed Salah, berharap bisa membalas kekalahan dalam final Piala Afrika dari Senegal, Senin (7/2/2022) dini hari WIB. Itu ketika kedua negara bertemu kembali dalam pertandingan dua leg playoff Piala Dunia 2022 bulan depan yang menentukan lolos tidaknya kedua negara ke Qatar 2022.

Tim Firaun gagal meraih gelar juara Piala Afrika setelah kalah 2-4 dalam adu penalti pada final Piala Afrika 2021 di Yaounde, Kamerun, setelah selama 120 menit kedudukan tetap 0-0.

Menang Adu Penalti Atas Mesir, Senegal Kampiun Piala Afrika!

Mohamed Abdelmonem dan Mohanad Lasheen sama-sama gagal mengonversi penalti yang membuat Salah tidak mendapatkan kesempatan menendang penalti. Itu sebelum Sadio Mane mengonversi penalti penentu kemenangan Senegal yang membuat untuk pertama kalinya menjuarai Piala Afrika.

“Dari sini kami akan bangkit. Hari ini kami menang tidak bisa menang tetapi lain kali kami akan lebih baik lagi,” kata kiper Mesir,  Mohamed Abou Gabal yang dinobatkan sebagai man of the match setelah menggagalkan penalti Mane pada menit ketujuh babak pertama.

Lawan Real Madrid, Salah Yakin Liverpool Menang

Pemain berusia 33 tahun yang akrab disapa Gabaski dan nomor punggungnya pun bertuliskan nama ini, juga menepis tendangan Bouna Sarr dalam adu penalti. Tetapi usahanya akhirnya sia-sia.

Mohamed Salah nyaris menangis, bahkan sebelum Mane mengonversi penalti saat dia terpaksa berada pada pihak yang kalah dalam final itu. Bagia dia ini adalah kedua kalinya dalam tiga edisi setelah Mesir juga dikalahkan oleh Kamerun pada 2017.

“Mohamed Salah adalah pemain kelas dunia dan perilakunya sama seperti yang lain,” kata asisten pelatih Mesir, Diaa al-Sayed.

“Dia bertekad menang. Dia sudah lama bermain dan memenangkan kompetisi besar di Eropa tetapi dia sangat ingin memenangkan trofi ini demi negaranya.”

“Bersama dia, kami ingin lolos ke Piala Dunia. Dia seperti kapten tim mana pun. Dia kecewa karena tidak mencapai tujuannya,” sambung dia seperti dikutip AFP.

Kedua tim akan bertemu lagi dalam pertandingan dua leg playoff kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika bulan depan. Mesir akan bermain di kandang pada leg pertama. (jpc)