25 radar bogor

Menang Adu Penalti Atas Mesir, Senegal Kampiun Piala Afrika!

Selebrasi para pemain Senegal usai menang dari Mesir melalui tendangan penalti. (Reuters)
Selebrasi para pemain Senegal usai menang dari Mesir melalui tendangan penalti. (Reuters)

OLEMBE—RADAR BOGOR, Senegal membuat sejarah baru dengan meraih gelar Piala Afrika 2021 yang menjadi trofi pertama mereka. Itu setelah Sadio Mane dan kawan-kawan mengalahkan Mesir di babak final.

Pada partai puncak yang berlangsung di Stade Olembe, Senin (7/2/2022) dini hari tadi, Senegal menang dengan skor 4-2 dalam drama adu penalti. Sebelumnya, kedua negara bermain imbang 0-0 sepanjang 120 menit pertandingan.

Mesir Lolos ke Final Piala Afrika 2021, Salah Bakal Hadapi Mane

Senegal sebenarnya punya peluang menyelesaikan pertandingan di waktu normal ketika mereka mendapatkan hadiah penalti di menit ke-7. Akan tetapi, Sadio Mane gagal mengkonversinya menjadi gol setelah tendangannya digagalkan Mohamed Abou Gabal.

Meski demikian, Mane tetap menjadi pahlawan the Lions of Teranga. Itu setelah dia mencetak gol keempat Senegal dalam drama adu penalti untuk memastikan kemenangan 4-2 negaranya.

Sebelum menjadi jawara, Senegal gagal di dua final. Mereka ditekuk Kamerun di final Piala Afrika 2002. Setelah itu, The Lions of Teranga takluk 0-1 dari Aljazair di final 2019. (amr)