25 radar bogor

Survei Trust: Popularitas Prabowo Masih Teratas, Anies Kedua

Pilpres 2024, Anies dan Probowo
Jelang Pilpres 2024, Anies dan Probowo berpotensi pecah kongsi.

RADAR BOGOR, Direktur eksekutif Trust Indonesia Research and Consulting, Azhari Ardian mengatakan, nama Prabowo Subianto masih menjadi top of mind di dalam persepsi publik terhadap sosok calon presiden (capres) di Pilpres 2024 mendatang.

Baca juga: Dukung Ridwan Kamil di Pilpres 2024, Jawara Gaet UMKM Hingga Tingkat Desa

“Apa yang ada di kepala mereka (responden) kami tanyakan, dan ternyata masih menyatakan Prabowo Subianto yang masih tertinggi,” kata Azhari dalam rilis survei secara virtual, Senin (31/1).

Dari data yang dipublikasikan hari ini untuk pertanyaan terbuka, nama Prabowo Subianto mendapatkan nilai 22,7 persen. Kemudian disusul oleh Anies Baswedan yang mendapatkan 14,7 persen, Ganjar Pranowo yang mendapatkan 11,0 persen, Joko Widodo mendapatkan 10,8 persen dan disusul Sandiaga Uno sebesar 6,7 persen. Sementara untuk Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendapatkan 4,0 persen dan Ridwan Kamil 3,3 persen.

Namun untuk kategori pertanyaan terutup, Prabowo juga masih menempati posisi tertinggi. Di mana Prabowo Subianto mendapatkan 25,0 persen, Kemudian Anies Baswedan 16,3 persen, Ganjar Pranowo mendapatkan 16,1 persen, Sandiaga Uno 7,8 persen, AHY 5,7 persen dan Ridwan Kamil mendapat 3,4 persen.

“Pak Prabowo itu 25 persen, disusul Anies Rasyid Baswedan dan Ganjar. Itu top three-nya ya kira-kira,” katanya.

Kemudian, untuk survei dengan kategori strong voters, nama Prabowo Subianto juga masih mendapati angka lebih tinggi dibandingkan dengan nama-nama calon presiden lainnya yang disodorkan. Di mana Prabowo mendapatkan 15,8 persen, sementara Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo masing-masing mendapatkan 11,7 persen.

Sementara itu, untuk nama Sandiaga Uno hanya mendapatkan 4,5 persen saja, dan Ketua Umum Partai Demokrat AHY juga cuma mendapatkan 3,9 persen.

Tidak hanya itu saja, pihaknya juga mengukur tiga nama calon Presiden yang berpotensi dipilih oleh rakyat di dalam Pilpres 2024, nama Prabowo lagi-lagi lebih unggul, yakni 39,2 persen, sementara nama Anies Baswedan mendapatkan 31,5 persen, serta Puan Maharani mendapatkan 8,4 persen.

Azhari menambahkan, pihaknya juga mengukur tingkat popularitas dan likeabilitas atau tingkat kesukaan masyarakat terhadap nama-nama calon Presiden yang disodorkan. Didapati, nama Prabowo juga masih unggul di dalam survei ini.

Selain mengukur elektabilitas dan potensi keterpilihan para calon presiden, lembaganya juga mengukur apa yang menjadi latar belakang para responden memberikan penilaiannya terhadap sosok capres 2024.

Ternyata mayoritas menilai kewibawaan masih menjadi urutan tertinggi yakni 20,6 persen, kemudian dari sisi ketegasan mendapatkan 19,9 persen, lalu merakyat sebesar 12,1 persen dan pintar serta berpengalaman mendapatkan 10,4 persen.

Menurutnya, sebagai seorang purnawirawan TNI, sikap tegas dan wibawa Prabowo Subianto sudah tidak perlu diragukan lagi. Apalagi beberapa waktu yang lalu, publik melihat bagaimana Prabowo tetap memberikan hormat kepada perempuan dengan membantu Sri Mulyani Indrawati duduk sempurna di tengah undangan Rapat Dengar Pendapat (RDPU) dengan Komisi I DPR RI.

“Sikap Prabowo Subianto yang sangat gentleman ini sudah mendapatkan banyak sekali pujian dari publik,” ungkapnya.

Adapun survei Trust Indonesia ini dilakukan pada tanggal 3-12 Januari 2022 dengan melibatkan 1.200 responden di 34 Provinsi di seluruh Indonesia. Mereka melakukan survei tersebut melalui pendataan tatap muka dengan menggunakan metodologi multistage sampling stage dan menghasilkan margin of error sebesar 2,83 persen.

Berikut adalah data dari Trust Indonesia:

– Prabowo Subianto
Popularitas : 93,2 persen
Disukasi : 72,2 persen

– Jusuf Kalla
Popularitas : 87,5 persen
Disukai : 68,3 persen

– Anies Baswedan
Populaitas : 82,8 persen
Disukai : 67,1 persen