25 radar bogor

Kanwil DJP Jabar III Kumpulkan 10 Tax Center Perguruan Tinggi dan Kukuhkan Relawan Pajak

KANWIL DJP JABAR III KUMPULKAN 10 TAX CENTER PERGURUAN TINGGI DAN KUKUHKAN RELAWAN PAJAK
KANWIL DJP JABAR III KUMPULKAN 10 TAX CENTER PERGURUAN TINGGI DAN KUKUHKAN RELAWAN PAJAK

RADAR BOGOR, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Barat III kumpulkan sepuluh tax center (red: pusat informasi, pendidikan dan pelatihan pajak) perguruan tinggi di Aula Cakra Buana Gedung Kanwil DJP Jawa Barat III. Dalam kesempatan tersebut Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Kanwil DJP Jawa Barat III Muhammad Ismiransyah M. Zain mengukuhkan relawan pajak tahun 2022.

Baca juga: Tingkatkan Penerimaan Pajak, Pemkot Bogor Kolaborasi dengan Kanwil DJP Jabar III  

Relawan pajak yang dikukuhkan berasal dari delapan tax center perguruan tinggi dan satu program pendidikan perguruan tinggi yaitu

  1. Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia
  2. Tax Center Sekolah Vokasi Insititut Bisnis dan Pertanian Bogor
  3. Tax Center Universitas Gunadarma
  4. Tax Center Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI Kampus Bekasi
  5. Tax Center Institut Agama Islam Tazkia
  6. Tax Center Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  7. Tax Center Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  8. Tax Center Universitas Ibn Khaldun
  9. Tax Center Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Dalam acara tersebut turut hadir Tax Center Universitas Pakuan yang resmi menjadi Tax Center Mitra Organisasi Kanwil DJP Jawa Barat III pada 18 Januari 2022 lalu.

Pengukuhan ditandai dengan pengalungan selempang dan tanda pengenal relawan pajak oleh Kepala Kanwil DJP Jawa Barat III didampingi Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2 Humas) kepada 16 perwakilan relawan pajak. Pengukuhan disaksikan oleh Pejabat Eselon III dan Eselon IV di unit Kanwil DJP Jawa Barat III.

“Selamat kepada mahasiswa relawan pajak yang telah dikukuhkan, para relawan mempunyai tugas asistensi pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan melalui efiling dan sosialisasi mandiri tentang perpajakan. Terima kasih atas dukungan perguruan tinggi kepada DJP sehingga tahun 2021 DJP mampu mencapai target penerimaan sebesar 1.230 trilun rupiah,” ujar Ismiransyah dalam sambutannya.

Usai pengukuhan, kegiatan dilanjutkan dengan riung tax center bersama sepuluh Tax Center Mitra Organisasi Kanwil DJP Jawa Barat III. Kegiatan sebagai bentuk pengembangan dan evaluasi dari kerja sama tax center yang telah dilakukan.

Ismiransyah menambahkan bahwa walaupun secara material DJP telah menghimpun penerimaan dengan baik namun secara formal masih mempunyai tugas berat untuk meningkatkan kepatuhan pelaporan SPT wajib pajak. Ia juga turut membahas kegiatan yang telah dilaksanakan tax center yaitu seminar, inklusi kesadaran pajak dan penelitian.

Kepala Bidang P2 Humas B. R. Prabowo dalam pembuka riung tax center menyampaikan, “Bersama dengan tax center perguruan tinggi mari wujudkan masyarakat yang sadar, peduli dan patuh terhadap pemenuhan kewajiban perpajakan. Salah satu wujud kegiatan dalam edukasi salah satunya tax center yang mengorganisir mahasiswa dan pengajar sebagai relawan pajak.”