Beranda Bogor Raya Resmikan D’Empang, UMKM Desa Cibatok Punya Tempat Jualan

Resmikan D’Empang, UMKM Desa Cibatok Punya Tempat Jualan

CIBUNGBULANG-RADAR BOGOR, Meski terdampak pandemi Covid-19, namun keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah terus berkembang. Salah satunya UMKM di Desa Cibatok 1.

Di sana, para pelaku UMKM membangun wadah bernama D’Empang, yang merupakan sentra penjualan UMKM Desa Cibatok 1.

Baca juga: Dukung Ridwan Kamil di Pilpres 2024, Jawara Gaet UMKM Hingga Tingkat Desa

unb universitas nusa bangsa bogor

“Produk yang dijual dengan kualitasnya yang tidak kalah dari daerah lain,” kata Ketua Forum UMKM IKM Kabupaten Bogor Surya Purnama ketika mengadiri peresmian sentra UMKM, Rabu (26/1/2022).

Surya menambahkan, geliat UMKM di wilayah saat ini sangat didukung berbagai pihak. Dukungan salah satunya datang dalam bentuk kerja sama dengan Bank bjb.

Merek menyediakan permodalan bagi pengusaha tanpa anggunan dan bunga.

“Untuk di wilayah kecamatan Cibungbulang sendiri, sudah ada 4 Desa para pelaku usahanya yang mendapatkan bantuan modal dari Bank BJB,” tambahnya.

Sementara Wakil Ketua Komisi 4 (empat) DPRD Kabupaten Bogor Ridwan Muhibi mengaku, dari jumlah data statistik, memang UMKM saat ini masih perlu ditingkatkan lagi.

“Saat ini mulai bangkit kembali pelaku UMKM yang ada. Maka dari itu, pemerintah harus terus hadir selain memberikan permodalan juga membantu mereka dalam pemasarannya,” jelasnya.

Ridwan mengungkapkan, pihaknya terus mendorong untuk meningkatkan sentra UMKM dengan cara memberikan permodalan, mempermudah perizinan dan membebaskan pajak.

“Selama pandemi semua sektor terdampak, tentunya dengan kebangkitan sentra UMKM menjadi daya saing dengan produk luar,” katanya. (Abi)