25 radar bogor

Publik Masih Memilih Tokoh Sipil Jadi Pemimpin Indonesia, Anies dan Ganjar di Atas Angin

Pemimpin berlatar belakang sipil
Tokoh berlatar belakang sipil masih dipilih masyarakat untuk jadi pemimpin Indonesia.
Pemimpin berlatar belakang sipil
Tokoh berlatar belakang sipil masih dipilih masyarakat untuk jadi pemimpin Indonesia.

JAKARTA–RADAR BOGOR, Tokoh berlatar belakang sipil masih menjadi pilihan utama publik untuk menjadi pemimpin Indonesia.

Baca Juga : Survei PSI: Masyarakat Puas dengan Jokowi, Airlangga Hartarto Paling Banyak Dipilih

Hal itu diketahui dari hasil survei yang dilakukan Warna Research Center (WRC), sebanyak 37,1 persen responden memilih presiden 2024-2029 yang berasal dari sipil.

“Survei menunjukkan bahwa 37,1 persen menginginkan pemimpin dari kalangan sipil,” ujar Direktur Eksekutif WRC Rinjani Dwi dalam keterangannya, Jumat (21/1/2022).

Sementara itu, sebanyak 29,7 persen responden memilih calon presiden yang berasal dari TNI atau Polri. Kemudian, 29,7 persen tidak mempersoalkan latar belakang capres yang akan maju dalam pemilihan presiden.

Rinjani mengatakan, kecenderungan masyarakat untuk memilih pemimpin dari kalangan sipil tidak berubah dari Pilpres 2014 dan 2019. Di mana Jokowi mengantongi suara terbanyak yang kala itu melawan Prabowo dengan latar belakang militer.

“Latar belakang militer atau polri sudah tidak lagi menjadi keterpopuleran bagi masyarakat dalam memilih calon pemimpin Indonesia, masyarakat lebih cenderung memilih calon presiden dari sipil,” tandasnya.

Survei ini dilakukan pada 2-15 Januari 2022 dengan 2435 responden. Populasi survei adalah warga negara Indonesia berusia di atas 17 tahun dan memiliki hak pilih pada Pemilu 2024 di 34 provinsi.

Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error surveinya 2,2 persen.

Sampai saat ini nama-nama yang beredar maju di pilpres 2024 antara lain, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Airlangga Hartarto hingga Puan Maharani dari kalangan sipil.

Sementara tokoh potensial berlatarbelakang militer seperti Prabowo Subianto, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hingga Jenderal Andika Perkasa. (fajar)