25 radar bogor

Minyak Goreng Murah di Pasar Tradisional Baru Tersedia 26 Januari 2022

Ilustrasi minyak goreng curah
Ilustrasi minyak goreng curah
Ilustrasi minyak goreng
Ilustrasi minyak goreng

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengeluarkan kebijakan minyak goreng satu harga.

Baca Juga : Pasok Bantuan Minyak Goreng Rp 14.000 per Liter

Yakni dengan harga Rp 14.000 per liter dari sebelumnya yang melambung tinggi tembus seharga Rp 20.000 per liter. Langkah tersebut sebagai upaya pemerintah untuk menekan harga agar terjangkau oleh masyarakat.

Program tersebut sudah berjalan di pasar modern atau supermarket pada 19 Januari lalu. Sementara untuk pasar tradisional, minyak goreng seharga Rp 14.000 per liter baru dapat tersedia pada pekan depan, atau tepatnya 26 Januari 2022 mendatang.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan mengatakan, terkait mekanisme pengadaan pasokan minyak goreng di luar pasar modern dilakukan melalui para produsen minyak goreng. Sebab penyaluran minyak goreng di pasar rakyat tidak semudah ritel atau supermarket.

“Permasalahannya beda. Pasar modern gampang, administrasinya cepat. Sementara untuk pasar rakyat produsen kadang menggunakan rantai pasok yang selama ini digunakan sistem administrasinya kadang-kadang produsen menggunakan distributor sub distributor dan agen,” kata Oke Nurwan saat dihubungi oleh JawaPos.com, Sabtu (21/1/2022).

Sehingga, kata Oke Nurwan, para pedagang yang terlanjur membeli stok minyak goreng dengan harga tinggi dapat berkomunikasi dengan produsen dan distributornya masing-masing agar dicarikan solusi untuk menghindari kerugian. “Silahkan mereka melakukan pertemuan seperti, apa itu dikembalikan pajaknya atau apa,” jelasnya.

Oke Nurwan menegaskan, intinya mekanisme selisih tersebut diatur oleh distributor masing-masing. Sebab, pemerintah telah bekerjasama dengan para produsen minyak goreng untuk pengadaan produk dengan harga terjangkau.

“Intinya mekanismenya silahkan diatur dengan jalur distributor masing-masing. Karena pasokan pemerintah di pasar rakyat harus sudah tersedia,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan mengumumkan, untuk menstabilkan harga minyak menjadi terjangkau oleh masyarakat, pemerintah akan melibatkan sebanyak 70 indutri minyak goreng melalui operasi pasar dengan harga jual Rp 14.000 per liter.

“Kita akan mencoba untuk melibatkan setidaknya 70 industri minyak goreng dan 225 packer,” kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (5/1/2022).

Lutfi memaparkan, untuk tahap pertama, pemerintah menargetkan lima industri minyak goreng besar terlebih dahulu untuk memproduksi dalam kemasan sederhana.

Pemerintah bersama produsen minyak goreng serta pengusaha ritel juga sudah melakukan program penyaluran sebayak 11 juta liter minyak goreng kemasan sederhana seharga Rp 14.000 per liter yang dilakukan melalui skema operasi pasar. (jpg)