25 radar bogor

Manchester United vs West Ham United: Panggung Para Gelandang

Manchester United
Laga Menchester United saat menghadapi Wolverhampton Wanderers dalam laga lanjutan Liga Premier di Old Trafford Senin (3/1/2021).
Manchester United
Laga Menchester United saat menghadapi Wolverhampton Wanderers dalam laga lanjutan Liga Premier di Old Trafford Senin (3/1/2021).

MANCHESTER-Sejak Pelatih Ralf Rangnick mengubah skema 4-2-2-2 menjadi 4-3-3 atau dalam tiga laga terakhir, lini tengah Manchester United melakukan pekerjaan terbaik mereka.

Baca Juga : Menang 3-1 Atas Brentford, Asa Manchester United Finis Empat Besar

Trio Bruno Fernandes, Fred, dan Scott McTominay menorehkan statistik gemilang dari aspek gelandang.

McTominay sukses mencetak gol kemenangan 1-0 atas Aston Villa di putaran ketiga Piala FA (11/1), sedangkan Fernandes dan Fred sama-sama mencatat dua umpan gol (assist).

Yang paling menonjol adalah umpan kunci (key passes). Fernandes rata-rata mencatat tiga umpan kunci, sedangkan Fred dan McTominay rata-rata dua umpan kunci.

Dalam laga terakhir atau saat Manchester United menang 3-1 atas Brentford FC (20/1), meski para pencetak gol adalah pemain dari lini serang (Anthony Elanga, Mason Greenwood, dan Marcus Rashford), Rangnick mengapresiasi kinerja trio gelandang mereka tersebut.

Khususnya McTominay yang diberi label oleh pelatih interim United itu sebagai sosok pemain ”penular”.

”Scott McTominay adalah pemberi contoh (bagaimana pemain Manchester United bekerja keras dalam pertandingan, Red). Penampilan ngototnya menular kepada rekan setimnya,” ucap Rangnick yang memberi peran McTominay sebagai pemain jangkar kepada The Sun.

Gol ketiga Manchester United yang dicetak Rashford tak lepas dari kengototan McTominay.

Ada momen di babak pertama ketika gelandang 25 tahun itu memberikan gestur tangan kepada Elanga untuk lebih berani bertarung terhadap pemain Brentford.

Jika sakit pada punggungnya saat melawan Brentford tidak serius, McTerminator –julukan baru fans United untuk McTominay– kembali diandalkan Rangnick saat The Red Devils menghadapi West Ham United di Old Trafford malam nanti (siaran langsung SCTV/Mola TV pukul 22.00 WIB).

Duel di matchweek ke-23 Premier League itu juga pantas disebut panggung para gelandang karena West Ham memiliki duet pivot yang diklaim terbaik di Premier League, yaitu Declan Rice dan Tomas Soucek. Mereka punya peran penting atas kesuksesan The Hammers masih bertahan di empat besar klasemen sementara.

Rice dan Soucek merupakan kunci strategi pelatih West Ham David Moyes dalam melakukan transisi bertahan–menyerang maupun sebaliknya.

Pandit BT Sport Steve Sidwell menyebutkan, performa Rice dan Soucek jelas di atas Fred dan McTominay sebagai double pivot.

Tetapi, itu ketika Rangnick belum beralih pada skema 4-3-3 atau selama Manchester United masih ditangani Ole Gunnar Solskjaer.

”Dalam beberapa momen saat menghadapi Brentford, skema tiga gelandang di antara Fernandes, Fred, dan McTominay terlihat tidak beraturan.”

”Tetapi, itulah yang membuat mereka kuat karena satu sama lain saling mengisi,” tutur Sidwell yang mantan gelandang Chelsea, Aston Villa, dan Fulham FC dalam analisisnya. (jpg)