25 radar bogor

Brigade Deklarasi Ganjar Pranowo Maju Capres 2024, Targetkan Elektabilitas 35 Persen

Ganjar Pranowo
Deklarasi dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.
Ganjar Pranowo
Deklarasi dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

BOGOR-RADAR BOGOR, Sejumlah relawan yang tergabung dalam organ Barisan Ganjar Terdepan (Brigade) mendeklarasikan diri mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baca Juga : Publik Masih Memilih Tokoh Sipil Jadi Pemimpin Indonesia, Anies dan Ganjar di Atas Angin

Deklarasi secata nasional itu dilakukan di salah satu rumah di Jalan Ceremai Taman Kencana, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Sabtu (22/1/2022).

Ketua Umum Brigade Gama Andrea mengatakan, deklarasi dukungan dilakukan karena Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dinilai layak maju sebagai Capres dalam Pilpres 2024.

“Beliau layak didukung kesatu, karena prestasi beliau di Jawa Tengah,” kata Gama Andrea.

Menurutnya, Ganjar Pranowo banyak melakukan prestasi saat menjadi gubernur Jawa Tengah, salah satunya pembangunan infrastruktur, serta menekan radikalisme di wilayahmya.

Selain itu, Brigade menilai Ganjar Pranowo banyak keberpihakanya terhadap ekonomi kerakyatan.

“Beliau menerima dua kali KUR award atau kredit usaha rakyat pada 2019 dan 202. Di sini jelas bahwa keberpihakan beliau teehadap ekonomi kerakyatan,” katanya.

“Banyak sekali prestasinya, dan ini yang melandasi (Ganjar) layak didukung untuk melanjutkan gegap gempitanya pembangunan yang sudah dimulai oleh Pak Jokowi,” sambungnya.

Apalagi Presiden Joko Widodo telah menyampaikan pemerintah tengah menyiapkan Ibu Kota Negara (IKN), yakni Nusantara. Karenanya, Indonesia memiliki pekerjaan rumah yang sangat besar.

“Dan ini harus dikawal, karena ini bukan pembangunan sampai 2024, tetapi bisa sampai 10 tahun atau 20 tahun ke depan. Jadi ini beliau (Ganjar Pranowo) yang layak menerima estafet Pak Jokowi,” katanya.

Untuk itu, relawan Brigade saat ini masih bergerilia untuk mengangkat elektabilitas Ganjar Pranowo sebagai kandidat calon presiden.

Meski dirinya menyadari hingga kini partai pendukungnya belum resmi mengumumkan siapa yang akan ditunjuk sebagai calon presiden pada pemilihan presiden (Pilpres) mendatang.

“Di sini kami terus bergerak karena kami begitu yakin Pak Ganjar bisa melanjutkan kepemimpinan Pak Jokowi,” imbuhnya.

Gama menjelaskan, relawan saat ini terus mensosialisasikan nama Ganjar Pranowo hingga akar rumput.

“Dan kami menbawa hasil deklarasi ini ke DPP PDIP bahwa kami dari unsur rakyat ini akan terus mendukung Pak Ganjar,” ucapnya.

Atas semangat itu, PDI Perjuangan bisa memberikan rekomendasinya kepada Ganjar Pranowo agar menjadi calon Presiden 2024 mendatang.

Saat disinggung PDI Perjuangan yang memiliki kandidat lain, salah satunya Puan Maharani, Gama Andrea memiliki pandangan lain yang meyakini jika partai berlambang Banteng itu bakal memilih Ganjar Pranowo.

Hal itu hampir mirip ketika PDI Perjuangan memutuskan untuk mencalonkan Joko Widodo sebagai capres pada tahun 2014 silam.

“Ketika Bu Mega sendiri punya kans begitu besar, untuk mencalonkan diri sebagai presiden, tetapi beliau memberikan ini kepada Pak Jokowi yang notabene Pak Jokowi ini baru masuk peta nasional. Belum dikenal juga sebenarnya baru (sebagai) wali kota. Kan dari Solo dan Gubernur, itu pun baru menjabat setahun dua tahun,” paparnya.

“Ini kebijaksanaan beliau, kebijaksanaan seorang ibu, bahwa anaknya, cukup tahu bahwa anaknya ini cukup punya prestasi,” katanya.

Gama Andrea mengaku sengaja menancapkan barisan relawanya di Jawa Barat, karena dirinya menilai daerah tersebut bakal menjadi lumbung suara terbesar.

Karenanya dengan capaian elektabilitas sekitar 20-25 persen, Gema Andrea menargetkan untuk mendorong hingga 35 persen.

“Jadi kami terus bergerak juga. Dan di Jawa Barat sendiri ini adalah tantangan karena ada calon baik juga, ada Pak Ridwan Kamil ya, ada juga Pak Dedi Mulyadi, dan ini adalah PR besar buat kami, untuk menaikkan elektanilitas Pak Ganjar Pranowo di Jawa Barat,” kata Gama Andrea.

Untuk memperkuat lumbung suara di Jawa Barat, seluruh DPC se-Jawa Barat, mulai dari Garut, Tasik Malaya, Sukabumi, Bogor, hingga Bekasi, sudah terbentuk.

Selain di DPD Jawa Barat, Brigade juga sudah menancap di DPD Jawa Timur, DPD DKI Jakarta, DPD Bangka Belitung, DPD NTT dan juga NTB.

“Kalau di total seluruh Indonesia ini, sudah ada 2 jua anggota dan kami terus kembangkan ini,” tukasnya.(ded)