25 radar bogor

Pelaku Usaha Bangkit, Ganjar Terima Penghargaan KUR 2021

Gubernur jateng Ganjar Pranowo
Gubernur jateng Ganjar Pranowo
Gubernur jateng Ganjar Pranowo
Gubernur jateng Ganjar Pranowo

JAKARTA-RADAR BOGOR, Berbagai program penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) yang digelontorkan untuk masyarakat Jawa Tengah (Jateng) mendapat apresiasi nasional. Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian memberikan penghargaan KUR 2021 kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Musda Demokrat, Menangkan Pemilu Dengan Ide Dan Gagasan

Penghargaan diterima langsung oleh Ganjar di Gedung Ali Wardhana, Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (18/1). Sebanyak 17 pemerintah provinsi (pemprov) masuk dalam nominasi penghargaan KUR 2021 ini. Jateng menjadi provinsi terbaik, disusul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Barat.

Jateng mendapat nilai terbaik karena berbagai program KUR yang dimiliki. Ya, Gubernur Ganjar memang menggandeng berbagai pihak dari BUMD hingga swasta dalam upaya membangkitkan ekonomi pascapandemi.

“Saya menyampaikan terima kasih dari Kemenko Perekonomian sudah memberikan kepercayaan dan penghargaan kepada Jawa Tengah sebagai pengelola KUR terbaik. Di belakangannya banyak cerita sebenarnya,” kata Ganjar.

Penghargaan tersebut, lanjut Ganjar, tak lepas dari peran banyak pihak yang sudah menyalurkan dan memanfaatkan KUR. Termasuk juga bimbingan dari pemerintah dalam penyaluran KUR untuk masyarakat.

“Saya sampaikan terima kasih kepada kawan-kawan yang eager-nya bagus. Setelah dihajar Covid, sebenarnya KUR ini adalah satu peluru yang menjadi energi besar untuk kebangkitan ekonomi,” papar Ganjar.

Gubernur pun memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada para pelaku usaha di Jawa Tengah. Karena di tengah hantaman pandemi Covid-19, mereka tetap punya keinginan dan semangat kuat untuk bangkit, dengan memanfaatkan fasilitas KUR.

Salah satu program KUR yang digelontorkan di masa pandemi adalah Kredit Lapak. Program yang menggandeng Bank Jateng ini bisa diakses para pedagang pasar hingga pelaku industri kecil rumahan.

Ganjar pun terus mendorong para pelaku usaha untuk memanfaatkan KUR. Agar mereka bisa segera bangkit kembali, menyongsong pemulihan ekonomi pascapandemi.

“Kalau kita bicara recovery pascapandemi, pakailah KUR ini untuk bangkit. KUR menjadi sesuatu yang luar biasa untuk mendorong usaha bangkit lagi. Perintah pak presiden, manfaatkan,” tegas Ganjar.

Selain penghargaan pemerintah provinsi, dua kabupaten di Jawa Tengah juga masuk dalam tiga terbaik penghargaan KUR 2021 yakni Pemkab Purworejo dan Pemkab Blora. (jpg)