25 radar bogor

Gempa Bumi M 5,2 Guncang Kabupaten Sukabumi, Warga Diimbau Tetap Tenang

Gempa Bumi
Titik lokasi gempa bumi M 5,2 yang mengguncang Kabupaten Sukabumi Senin (17/1/2022).
Gempa Bumi
Titik lokasi gempa bumi M 5,2 yang mengguncang Kabupaten Sukabumi Senin (17/1/2022).

SUKABUMI-RADAR BOGOR, Wilayah Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik  Senin (17/1/2022) pukul 07.25.58 WIB.

Baca Juga : Gempa Bumi di Banten Rusak 257 Rumah Warga

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo  M 5,2. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,55 ° LS ; 105,83° BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 100 km arah Barat Daya Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, pada kedalaman 42 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi di zona subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault ).

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Bayah, Pandeglang, Cikeusik, Panimbang dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), daerah Cikembar, Cireunghas, Pel. Ratu, Sumur, Bogor, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Tambun dengan skala intensitas II – III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan tertulisnya.

Hingga pukul 07.42 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu aktivitas gempa bumi susulan ( aftershock ) dengan magnitudo M3,9.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (ysp)