Beranda Bogor Raya Permintaan Tinggi, PDAM Tirta Kahuripan Tambah Debit Air

Permintaan Tinggi, PDAM Tirta Kahuripan Tambah Debit Air

Pelanggan PDAM Tirta Kahuripan saat berada di unit pelayanan, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa BArat. Tingginya permintaan membuat PDAM Tirta Kahuripan melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang telah mencapai 33.626 Sambungan Langganan, Foto : HEndi Novain
Pelanggan PDAM Tirta Kahuripan saat berada di unit pelayanan, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa BArat. Tingginya permintaan membuat PDAM Tirta Kahuripan melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang telah mencapai 33.626 Sambungan Langganan, Foto : HEndi Novain

CIBINONG-RADAR BOGOR, Tingginya permintaan air, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Cabang Cibinong berupaya melakukan inovasi dengan mengembangkan berbagai sektor. Dengan jumlah langganan aktif yang hingga saat ini mencapai 33.626 Sambungan Langganan (SL), perusahaan air itu optimis dapat memaksimalkan pelayanan di 2022 ini.

Baca juga: PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor Resmi Berubah Jadi Perumda Air Minum 

Memiliki sumber air baku yang berasal dari 3 lokasi, yakni M. A Ciburial, Sungai Ciliwung dan Sungai Kalibaru Barat sebagai fungsi pengganti pada saat tingkat NTU (kekeruhan) tinggi, Kepala PDAM Cabang Cibinong, Anwar Yasin bersama timnya berupaya menambah debit air.

universitas-ibn-khaldun-uika-bogor

“Cabang Cibinong telah berkoordinasi dengan Pusat (Bag. Renbang dan Bag. Hublang) untuk pengembangan di wilayah Kecamatan Sukaraja dan Babakan Madang yang saat ini wilayahnya masuk ke Cabang Cibinong. Setelah nanti ada penetapan batas wilayah, dua kecamatan itu akan menjadi cabang tersendiri,” ungkap Anwar (16/1/2022).

Termasuk pengembangan di wilayah Kecamatan Citeureup yang permintaan pasokan airnya sangat tinggi dengan pasokan air terpenuhi 24 jam. Dengan tingginya permintaan air, Anwar melakukan inovasi dengan upaya penambahan debit air.

“Aliran dari instalasi Cibinong akan diswitch dari rencana IPA Cibongas atau IPA Klapanunggal. Mengenai penetapan batas wilayah, harus lebih diatur kembali secara mendetail,” tegas Anwar.

Dalam upaya penekanan kehilangan air, pihaknya melakukan beberapa strategi dengan melaksanakan target cabang serta berkoordinasi dengan bagian Tehnik, Hublang dan bagian Administrasi.

Hal itu terbukti dengan angka penurunan kehilangan air yang signifikan dari tahun ke tahun. Ditambah lagi dengan didukung oleh managemen Perumda Air Minum Tirta Kahuripan dengan penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3) yang ke depannya diharapkan penanganan permasalahan akan jauh lebih cepat dan tepat sasaran.

Dalam pengembangan informasi dan teknologi (IT), Cabang Cibinong mendukung program Perumda Air Minum Tirta Kahuripan dalam meningkatkan pelayanan.

Contohnya seperti penggunaan aplikasi Si Cantik yang disosialisasikan kepada para pelanggan di Cabang Cibinong.

“Yang menginformasikan terkait tagihan rekening air, pengaduan, sumber informasi terkini tentang perbaikan yang sedang dilaksanakan oleh petugas dan dapat melaporkan pembacaan meter air secara mandiri oleh pelanggan,” tandasnya.(cok)

Editor: Rany