25 radar bogor

Roy Kiyoshi Memiliki 200 Boneka, Akui Ada Penunggunya

Roy Kiyoshi bersama bonekanya.
Roy Kiyoshi bersama bonekanya.

JAKARTA – RADAR BOGOR, Roy Kiyoshi termasuk orang yang suka mengoleksi boneka. Sampai saat ini sudah ada sekitar 200 boneka di rumahnya.

Roy sudah mengoleksi boneka sejak 2016 silam, bukan karena mengikuti tren spirit doll atau boneka arwah yang heboh beberapa waktu belakangan. Koleksi boneka miliknya dibeli dari sejumlah negara. Mulai dia hunting saat pergi ke Jepang, Prancis, hingga Belanda. Ada juga boneka yang dibeli dari toko loak.

Baca Juga : Dua Pengendara Ribut di Jalan Raya Cibanteng, Satu Tewas Ditusuk

Dari banyaknya boneka koleksinya tersebut, sahabat dekat Robby Purba itu mengakui ada beberapa boneka yang ada penunggu di dalamnya. Namun mayoritas bonekanya tidak ada isinya.

Dikatakan Roy Kiyoshi, ada salah satu boneka penunggu di dalamnya menampakkan wujud kepada asisten rumah tangganya dalam bentuk bayangan. Hal itu yang membuat banyak orang kerap tidak betah bekerja untuknya.

Biasanya dalam hitungan bulan, sang asisten rumah tangga Roy memilih cabut tidak mau bekerja lagi. ’’Sekarang nggak pakai ART,” tutur Roy Kiyoshi saat ditemui di kawasan Epicentrum, Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Dia memperlakukan boneka-boneka miliknya layaknya boneka biasa. Roy tidak pernah menganggap boneka-boneka itu seperti bayi atau orang. Oleh karena itu, tidak ada perlakuan spesial yang dia berikan.

Dia juga tidak menggunakan jasa orang yang secara khusus merawat koleksi bonekanya. ’’Nggak, nggak. Justru nggak dikasih makan, aku nggak kayak gitu. Bingung ngasih makan minumnya soalnya banyak banget,” tuturnya.

Diungkapkan Roy Kiyoshi lebih lanjut, tidak adanya perlakuan spesial pada boneka-boneka tersebut untuk menghindarkan diri ia tidak jatuh ke jalan yang salah. Dia fokus pada tujuan awal mengoleksi boneka tujuannya untuk lucu-lucuan sebagai pajangan di rumah.

’’Ada orang yang bonekanya diorangin, dijadikan ajang meminta sesuatu. Sebenarnya nggak boleh jatuhnya musyrik. Kalau aku koleksi boneka cuma buat koleksi, hobi, lucu-lucuan aja. Kalau misalnya sudah dianggap sebagai orang atau tuhan itu boneka, menurut aku sudah salah,” tuturnya. (jpg)