25 radar bogor

Rawan Aksi Pencopetan di JPO Jembatan Merah, Pemkot Bogor Pasang CCTV

JPO Paledang
JPO Paledang

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama Polresta Bogor Kota memasang CCTV di jembatan penyebrangan orang (JPO) Stasiun Bogor, tepatnya di Jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Pemasangan kamera pengintai itu dilakukan sebagai antisipasi aksi kejahatan di kawasan JPO tersebut, seperti yang kerap diadukan masyarakat.

Baca juga: Banyak Aksi Copet di JPO Paledang, Polresta Siagakan Personel Tak Berseragam

Kasatpol PP Kota Bogor, Agustian Syach mengatakan, CCTV mulai dipasang pada Selasa (11/1/2022). Sekaligus membuka spanduk-spanduk yang menutupi JPO.

“Kami berkoordinasi dengan Polresta Bogor Kota, Kita buka spanduk-spanduk yang menutupi JPO, supaya pandangan dari jalan ke JPO tidak terhalang spanduk,” ujar Agustian, Kamis (12/1/2022).

Agustian menjelaskan, ada dua titik CCTV yang dipasang di JPO tersebut. Ditambah dengan pemasangan lampu JPO, lantaran selama ini jembatan yang digunakan penumpang kereta rel listrik (KRL) dari Stasiun Bogor ini kurang penerangan.

Selain itu, sambung dia, akan ada tim gabungan Polresta Bogor Kota dan Satpol PP Kota Bogor yang bergantian menjaga lokasi tersbut. Sehingga tak hanya bergantung pada CCTV.

Untuk mengantisipasi adanya informasi terkait pedagang yang terlibat aksi pencopetan, Agustian juga menyapu bersih para pedagang yang kerap berjualan di JPO.

“Pedagang itu kita kosongin, sudah nggak boleh berjualan di situ lagi. Jadi beberapa informasi memang menyebutkan bahwa komplotan copet itu menyamar jadi pedagang atau saling kenal,” paparnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota, Kompol Dhoni Erwanto, mengatakan laporan terkait aksi pencopetan yang masuk ke Polresta Bogor Kota relatif tidak banyak.

Hanya saja, ia memastikan akan terus meningkatkan pengawasan di tempat-tempat rawan copet.

“Kalau laporan di polresta minim. Beberapa laporan sudah P21. Tapi yang pasti kami selalu serius melakukan pengawasan terkait tempat-tempat rawan,” ungkap Dhoni.

Di samping itu, pihaknya juga melakukan pemetaan terkait waktu rawan terjadinya pencopetan. Terutama di JPO Stasiun Bogor yang baru saja dipasang CCTV.

“Jam rawan dijam keberangkatan bekerja pada pagi hari, dan jam kepulangan di sore hari,” tutupnya.(ded)