Beranda Ekonomi Luhut Ungkapkan Potensi Efek Omicron Ke Ekonomi RI

Luhut Ungkapkan Potensi Efek Omicron Ke Ekonomi RI

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pemerintah terus memantau perkembangan pandemi yang masih berlangsung dari berbagai aspek. Bukan hanya sektor kesehatan tapi juga perekonomian untuk dapat terus beradaptasi.

Baca Juga: Leuweung Geledegan Ecolodge, Tawarkan spot-Spot Instagramable dan Menu AYCE Murah Meriah di Bogor

Luhut mengaku, penyebaran varian Omicron di Indonesia maskin meningkat dan cepat. Jika penyebaran Omicron menimbulkan kembali lonjakan kasus yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan angka kematian yang tinggi, hal itu dapat mempengaruhi perekonomian yang saat ini berupaya bangkit.

unb universitas nusa bangsa bogor

“Varian Omicron akan mempengaruhi perekonomian 2022, jika varian Omicron ternyata menimbulkan tingkat perawatan tinggi dan vaksin tak ampuh lagi maka pemilihan ekonomi akan lambat dari perkiraan,” kata Luhut dalam webinar, Rabu (12/1).

Luhut menyebutkan, berdasarkan pengamatan pemerintah, Omicron memang berpotensi mudah menular, namun terhadap gejala yang ditunjukkan ringan. Sehingga Luhut meminta masyarakat tetap waspada dan menjaga diri.

“Kita semua mesti waspada hadapi itu,” imbuhnya.

Luhut mengungkapkan dalam perkembangannya, suatu virus yang bermutasi menjadi varian lain makin tidak berbahaya. Ia pun berharap hal itu juga terjadi pada Covid-19. “Jadi, meskipun penyebaran cepat tapi gejala lebih ringan. Maka kita bisa menyongsong pemulihan ekonomi lebih cepat,” pungkasnya.(jpg)